Ajak Siswa SDN 3 Olean Kembangkan Seni Karawitan

Sawiyati SPd MPd

Situbondo, Bhirawa
SDN 3 Olean Kecamatan Kota Situbondo tak hanya memoles menjadi sekolah adiwiyata. Sekolah dasar yang kini dipimpin Sawiyati SPd MPd itu sedang memprioritaskan siswa siswinya bisa unggul dalam bidang kesenian. Satu diantara yang kini sedang intens dikembangkan Sawiyati adalah melatih siswa dengan seni karawitan.
Meski masih baru, karawitan SDN 3 Olean sudah mulai panen undangan untuk tampil diberbagai acara dan even pendidikan di Kota Santri Situbondo. Menurut Sawiyati, kesenian karawitan awalnya belum diminati oleh para siswa setempat. Pasalnya, kata mantan guru SDN 5 Dawuhan itu, lembaga pendidikan yang ia pimpin masih belum memiliki alat seni karawitan yang lengkap. Yat-panggilan karib Sawiyati, lalu memiliki ide untuk menjalin kerjasama dengan pihak Desa Olean. “Ternyata di Desa Olean itu memang sudah berdiri sebuah paguyuban seni karawitan. Nah darisanalah saya terus optimis untuk mewujudkan seni karawitan di SDN 3 Olean,” aku kasek teladan itu.
Masih kata Yat, setelah mengetahui info tersebut ia langsung mendatangi pihak Desa Olean untuk menjalin kerjasama kemitraan pengembangan seni karawitan di SDN 3 Olean. Pucuk dicinta ulam pun tiba, usulan SDN 3 Olean mendapatkan respon yang positif. Pihak Desa, terang Sawiyati, sanggup menyediakan peralatan yang lengkap, disisi lain pelatihnya dijamin oleh SDN 3 Olean. “Alhamdulillah, saat ini seni karawitan disini sudah mulai berjalan. Bahkan setiap ada acara tim seni karawitan SDN 3 Olean kerapkali diberi waktu untuk tampil. Para siswa semua ikut senang,” ujar Sawiyati.
Di mata Sawiyati, ada banyak sisi positif dalam mengembangkan seni karawitan pada diri siswa SDN 3 Olean Situbondo. Selain mengenalkan seni budaya khas nenek moyang jaman dahulu kala, urai Sawiyati, seni karawitan juga banyak mengajarkan unsur kekompakan dan kebersamaan diantara sesama siswa, pelatih dan masyarakat penonton.
“Kami akan terus mengembangkan seni karawitan ini sehingga siswa SDN 3 Olean bisa memiliki karakter yang kuat dalam bidang seni budaya. Jika sesuatu dimulai dengan doa dan niat, insya Allah akan sukses,” pungkas Sawiyati. [awi]

Tags: