Ajak Peran Serta Warga Situbondo Sukseskan Sinergitas Pembangunan

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto saat menjadi inspektur upacara memperingati hari Otonomi Daerah (otoda) ke XXIII, dihalaman belakang pemkab Situbondo, Kamis (25/4). [sawawi/bhirawa]

(Peringati Hari Otoda ke XXIII)

Situbondo, Bhirawa
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto bersama kalangan ASN se-Kabupaten Situbondo menggelar puncak peringatan Hari Otoda, Kamis (25/4).
Bupati Dadang Wigiarto menjadi inspektur upacara pada peringatan hari Otonomi Daerah ke XXIII yang dipusatkan di halaman belakang Pemkab Situbondo.
Upacara Hari Otoda ini rutin digelar Bupati bersama para ASN yang ada di lingkungan Pemkab Situbondo setiap 25 April. Seluruh pimpinan OPD ikut serta dalam semarak hari Otoda kemarin.
Menurut Bupati Situbondo Dadang Wigaiarto, tema peringatan Hari Otoda tahun 2019 ini mengambil materi “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang Lebih Baik melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif”.
Dari inti tema tersebut, kata Bupati Dadang, tersirat sejumlah amanat penting dari Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo. “Kami menyampaikan pokok pokok materi yang disampaikan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo,” papar Bupati Dadang.
Masih kata Bupati Dadang, dalam momen ini ia bersama kalangan ASN terus komitmen untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah sebagai fokus utama pembangunan tahun 2019 ini.
Satu diantaranya, sebut bupati dua periode itu, berupaya memperbaiki kinerja melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.
Poin penting lainnya, kupas Bupati Dadang, ia sebagai wakil dari pemerintah daerah bersama DPRD dan masyarakat untuk terus mengawal pembangunan yang berkelanjutan.
“Sehingga kedepan tercipta tata kelola hubungan pemerintahan yang sinergis,” jelas mantan advokat itu.
Masih kata Bupati Dadang, terciptanya keserasian hubungan antara pemerintah dan masyarakat bisa diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan kreatif dan inovatif. Dengan tujuan, urai Bupati Dadang, bisa membangun sumber daya manusia (SDM) yang baik serta dapat meningkatkan taraf kesejahteraan rakyat yang ada di Kota Santri Situbondo. “Saya sangat yakin dan optimis, dengan adanya sinegitas ini apa yang kita program bersama bisa terwujud dengan baik,” kupas Bupati Dadang.
Usai memberikan arahan, orang pertama dilingkungan Pemkab Situbondo itu mengikuti prosesi acara potong tumpeng dalam rangka memeriahkan Hari Otoda ke-23. Bupati Dadang mendapatkan potong tumpeng pertama yang diwakili Asisten III Sekretariat Pemkab Situbondo Bidang Kesra dan Umum, Hartono. Prosesi potong tumpeng menandai puncak peringatan Hari Otoda tahun 2019 telah berjalan dengan lancar dan sukses. [awi]

Tags: