Agus Maimun Ikut Daftar Bacabup Tuban Lewat PDI-P

Diiringi group rebana, barongsai dan jamaah pengajian ibu-ibu serta tokoh masyarakat serta simpatisan, Bacabub Agus Maimun saat akan menyerahkan formulir pendaftaran Bacabup di sekretariat DPC PDIP Kabupaten Tuban.

(Pengalaman Dua Periode Jadi Wakil Rakyat)
Tuban, Bhirawa
Pagi itu, Sabtu pagi, (13/9) suasana di sekitar disekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Tuban, Jl. Wahidin Sudirohusodo, Gang Yudistira Kelurahan Sidorejo Kecamatan/Kabupaten Tuban tidak seperti hari-hari biasa.
Diiringi musik rebana, barongsai dan elemen masyarakat, Agus Maimun putra asli Kabupaten Tuban ikut mendaftar bakal calon bupati (Bacabup) Tuban lewat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) guna maju di Pilkada serentak tahun 2020.
Bersama ratusan simpatisannya, Mas Maimun -panggilan akrabnya-, mengenakan baju batik dengan dipadu celana hitam, serta didampingi istri dan anaknya datang ke markas partai berlogo banteng dengan berjalan kaki di sekretarisat DPC PDIP Tuban untuk mengembalikan berkas pendaftaran Calon Bupati Tuban.
“Saya mengikuti penjaringan di partai politik, salah satunya di PDIP karena wujud keterpanggilan saya selaku putra daerah yang ingin berbuat lebih baik untuk Tuban. Hari ini bagian dari mengikhtiari proses,” kata Mas Maimun.
Selama perjalanan, mereka diarak barongsai, ibu-ibu jamaah pengajian, para tokoh agama, dan masyarakat. Serta turut hadir relawan milenial, simpatisannya.
“Pagi ini saya sengaja datang dengan diiringi musik rebana, barongsai, ibu-ibu jamaah, relawan, dan lainnya. Itu semua wujud kebersamaan dan kerukunan masyarakat Tuban,” tambah Mas Maimun.
Jika terpilih, Ketua Karang Taruna Jatim itu menawarkan program Tuban Melesat. Artinya Tuban mandiri ekonomi, lestari, sejahtera, adil, dan Tamadur (cerdas) yang di bingkai dalam akhlak mulia.
“Tuban melesat ini dalam rangka Tuban lebih baik dengan bingkai akhlak mulia,” jelas alumni SMA Negeri 2 Tuban dan juga Ketua Ikasmada Tuban.
Tuban melesat itu ternavigasi dalam lima program yang bakal menjadi andalannya dalam pertarungan di Pilkada Tuban 2020. Lima program itu tertuang dalam Pancasetya.
“Lima program unggulan ini disebut Pancasetya,” ungkap Mas Maimun yang lahir di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Tuban. Pancasetya pertama bersisi tentang memperkuat tata kelola pemerintahan yang melayani.
Kedua revitalisasi sektor pertanian dan perkebunan, ketiga penciptaan lapangan kerja, keempat membangun infrastruktur berkeadilan, dan kelima optimalisasi pendidikan karakter.
“Semua program itu untuk membangun masyarakat Tuban yang lebih sejahtera,” jelasnya.
Mas Maimun, Cah Sugihwaras, Siap Noto Tuban
Mas Maimun yang lahir, tumbuh besar dan menjalani hidup di kabupaten Tuban menjadikan ia memiliki tetali batin yang sangat kuat dengan masyarakat Tuban.

Didampingi Ketua dan sekretaris DPC PDIP Tuban, Agus Maimun saat memberikan keterangan pada awak media usai menyerahkan formulir Bacabub di sekretariat DPC PDIP Tuban.

Hal itu yang melatarbelakangi Agus Maimun, untuk turut dalam proses penjaringan bakal calon bupati (Bacabup) Tuban lewat PDI Perjuangan.
“Saya asli Tuban dan anak seorang petani sederhana, jadi Insyaallah saya bisa turut merasakan setiap kecemasan sekaligus harapan yang tersimpan dalam benak masyarakat Tuban,” terang Agus Maimun, SE M.H.P, yang lahir di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu – Tuban.
Ia maju sebagai kandidat dimaknai sebagai proses dari panggilan sejarah. “Saat ini semua orang punya kesempatan sama. Saya yang punya ikatan kuat dengan Tuban rasanya tak elok jika melewatkan begitu saja kesempatan ini. Kesempatan yang membuka peluang untuk turut ambil bagian dalam menghadirkan kebaikan-kebaikan di Tuban dan meneguhkan kembali harapan-harapan masyarakat Tuban,” tambah Ketua Karang Taruna Jawa Timur ini.
Dua periode menjalankan tugas sebagai wakil rakyat menjadikan Agus Maimun begitu memahami seluk beluk masyarakat Tuban. Bukan hanya peta demografis semata, tetapi juga peta kekuatan, harapan dan kecemasan di benak masyarakat Tuban.
“Kontestasi Pilkada juga harus dimaknai sebagai kontes adu manis, yakni menyodorkan adu program yang benar-benar mampu merawat kekayaan kolektif Tuban dan benar-benar bisa menghadirkan kebaikan-kebaikan bagi masyarakat,” ujar alumni SMA Negeri 2 Tuban dan sekaligus menjadi Ketua Ikasmada Tuban ini.
Mas Maimun mengungkapkan bahwa sebenarnya yang diinginkan oleh sebagian besar masyarakat Tuban tidaklah terlalu muluk-muluk. “Warga hanya ingin suara dan keluhannya didengar. Ingin merasakan kehadiran pemangku kepentingan hadir dalam menghadapi persoalan bersama, dan memiliki pelindung-pelindung yang responsif melayani,” paparnya.
Hal itu, lanjut Agus Maimun, hanya bisa dilakukan oleh pemimpin dengan karakter bersahaja yang bisa duduk bersama rakyat, yang bisa menciptakan kehangatan dan kedekatan dengan warga, mampu menyelami perasaan setiap warga, dan merangkum semua perbedaan ke dalam satu gagasan yang menggerakkan energi kolektif menuju cita-cita kebaikan bersama.
“Langkah awal telah dimulai. Dengan semangat kerja dengan bekal pengalaman berada di tengah-tengah warga Tuban, kami berikhtiar untuk mengurai benang kusut pengelolaan Kabupaten Tuban. Besar harapan saya bahwa niat dan tekad ini bisa mendapatkan respon terbaik dari masyarakat lewat parpol yang akan mengusung nanti,” pungkasnya.
Sebelumnya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan , Agus Maimun merupakan kader muda potensial yang dimiliki PAN, rekam jejak Agus Maimun selama dua periode menjadi Anggota DPRD Jatim cukup membuktikan.
“Selain muda dan cerdas, Agus Maimun juga memiliki track record yang mempuni sebagai wakil rakyat. Saat ini sudah waktunya untuk memperluas pengabdiannya kepada masyarakat,” terang Bang Zul saapan akrabnya.
Sementara itu Ketua DPC PDIP Tuban, Andi Hartanto menyampaikan sejauh ini sudah ada 13 calon yang ikut penjaringan di partai. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi terkait berkas kelengkapan.
“Keputusan akhir berada pusat, siapa yang mendapat rekomendasi, karena tugas kita melakukan penjaringan,” katanya. [hud]
PROFIL AGUS MAIMUN BACABUB TUBAN
Nama : AGUS MAIMUIN, SE, M.HP
Tempat Tgl Lahir : Tuban, 28 Juli 1974
PENDIDIK :
– SMAN 2 Tuban – 1989-1993
– Universitas Kartini Surabaya – 2004-2008
– Pasca Sarjana (S 2), Universitas Airlangga SURABAYA.
ORGANISASI :
– Bendahara DPW Pantai Amanat Nasional (PAN) Jatim Periiode 2015-2020
– Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Timur Periode 2017-2022
– Ketua Ikatan Alumni SMA Negeri 2 Tuban (IKASMADA)Periode 2017 -2022
KARIER :
Anggota DPRD Pro.Jatim dari Pantai Amanat Nasional (PAN) Periode 2009-2014
Anggota DPRD Pro.Jatim dari Pantai Amanat Nasional (PAN) Periode 2014-2019

Tags: