6.548 Siswa SMA di Jombang Ikuti USBN

Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di SMA Negeri 2 Jombang, Senin (4/3) pagi. [Arif Yulianto]

Jombang, Bhirawa
Sejumlah 6.548 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kabupaten Jombang mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada hari pertama USBN yang jatuh pada hari Senin (4/3) kemarin. Mereka berasal dari 42 SMA di Kabupaten Jombang.
Pada hari pertama ini, mereka mengikuti USBN dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama. Pantauan wartawan pada pelaksanaan USBN di SMA Negeri Jombang, di beberapa kelas yang ada, para siswa tengah mengerjakan soal USBN dengan menghadap komputer. Tampak beberapa guru tengah mengawasi pelaksanaan USBN di sekolah ini.
Lena M.Pd, Kepala Seksi (Kasi) SMA, Pendidikan Khusus-Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK), Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) SMA/SMK Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Jombang menjelaskan, sebelumnya, pihaknya telah melakukan simulasi sebanyak dua kali tentang pelaksanaan USBN dengan pihak sekolah.
Dikatakannya, pada pelaksanaan USBN di 42 SMA yang ada di Kabupaten Jombang saat ini, ketika perangkat (komputer) yang ada di sekolah yang melaksanakan USBN, maka penggunaan ‘smart phone’ tidak dipakai oleh pihak sekolah.
“Karena perangkat sekolah semuanya lengkap. Seluruhnya pakai komputer, belum ada yang pakai ‘smart phone’,” ujar Lena saat ditemui wartawan di kantornya, di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Jombang. Ditanya lebih lanjut apa kendala yang terjadi pada pelaksanaan USBN hari pertama di Jombang seperti kendala listrik, Lena menjawab, hingga waktu diwawancarai, pelaksanaan USBN tidak terjadi kendala.
“Dari cabang dinas, sesuai instruksi dari provinsi, kita sampaikan kepada sekolah-sekolah, wajib memakai (menyediakan) Jenset. Dan tadi malam, kepala sekolah-kepala sekolah melaporkan, untuk uji coba jensetnya,” tandasnya. [rif]

Rate this article!
Tags: