50 Calon Anggota DPRD Tulungagung Sudah Lapor LHKPN

Muhammad Arif

Tulungagung, Bhirawa
Seluruh caleg terpilih hampir dipastikan akan dilantik sebagai anggota DPRD Tulungagung periode 2019 – 2024. Kepastian ini setelah KPU Tulungagung menerima laporan harta kekayaan seluruh caleg terpilih tersebut.
“Semuanya (para caleg terpilih) sudah menyerahkan tanda terima pelaporan harta kekayaan dari KPK ke KPU Tulungagung,” ujar anggota KPU Tulungagung, Muhammad Arif MPdI, pada Bhirawa, Selasa (20/8).
Penyerahan tanda terima pelaporan harta kekayaan ini, menurut dia, harus dipenuhi oleh para caleg terpilih agar pelantikannya menjadi anggota dewan tidak tertunda. Sebagaimana yang diamanatkan dalam PKPU No. 20 Tahun 2018 pasal 37 ayat 3.
“Yang terakhir melaporkan itu caleg dari PDI Perjuangan pada Jumat (16/8) lalu. Jadi semua sudah selesai,” paparnya.
Soal apakah Ketua DPRD Tulungagung saat ini, Supriyono SE MSi, akan pula dilantik sebagai anggota dewan baru meski berstatus tersangka dari KPK, Arif yang membidangi divisi teknis di KPU Tulungagung ini menyatakan merupakan kewenangan dari Gubernur Jatim. “Kami KPU Tulungagung menjalankan amanat dari PKPU No. 5 Tahun 2019,” tuturnya.
Lantas apakah KPU Tulungagung sudah menerima dokumen dari KPK saat menjalankan amanat PKPU No. 5 Tahun 2019, Arif mengatakan belum menerima dokumen yang dimaksud. “Yang kami ajukan ke gubernur melalui bupati tanpa ada dokumen,” terangnya.
Ia tidak menampik jika Supriyono bakal tetap dilantik pada saat pelantikan anggota DPRD Tulungagung periode 2019 -2024 pada Sabtu (24/8) mendatang. Apalagi sudah beredar kabar jika Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Satdaprov Jatim dipastikan memproses pelantikan Supriyono dengan mengacu pada UU No. 23 Tahun 2014 dan PP No. 12 Tahun 2018.
“Kabarnya begitu. Kabar yang kami terima di WA (Whatsapp) dari pemberitaan media katanya (Supriyono) tetap akan dilantik,” bebernya.
Sebelumnya, Kasubag Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Tulungagung, Susilowati SSos, menyatakan acara pengucapan sumpah janji anggota DPRD Tulungagung masa jabatan 2019 – 2024 akan berlangsung di Kantor DPRD Tulungagung pada Sabtu (24/8) pagi. Ia pun mengungkapkan hanya 49 anggota dari 50 anggota dewan baru yang akan mengikuti pengucapan sumpah janji itu.
“Satu anggota dewan dipastikan tidak bisa ikut dilantik karena sedang melaksanakan ibadah haji. Beliau nantinya akan dilantik setelah pulang dari ibadah haji,” ucapnya.
Caleg terpilih yang sedang melaksanakan ibadah haji adalah Asrori dari Partai Golkar. Ia saat ini juga tercatat sebagai anggota DPRD Tulungagung periode 2014 – 2019. (wed)

Tags: