PNS Kota Batu Resah Gaji Tak Kunjung Cair

Sekda Kota Batu, Zadiem Effisiensi

Kota Batu, Bhirawa
Banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Batu mengaku resah. Hal ini berkaitan dengan keterlambatan gaji bulan Januari 2019 yang belum cair hingga kemarin (9/1). Mereka menduga keterlambatan ini terjadi akibat dampak kepergian sejumlah pejabat yang mengikuti studi banding keluar kota.
Tentu saja hal ini meresahkan para pegawai, terlebih pegawai yang memiliki tanggungan piutang di bank selain Bank Jatim. “Biasanya, kalau bulan Januari seperti ini, kalau pun ada keterlambatan paling lambat tanggal 4 Januari. Namun hingga saat ini menjelang tanggal 10 Januari 2019, kita belum menerima gaji,” kata salah seorang pegawai yang minta namanya tidak dipublikasikan, Rabu (9/1).
Para PNS ini mengaku mendapatkan penjelasan dari atasan mereka terkait adanya surat Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Batu, Eddy Murtono. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa APBD tahun 2019 sudah ditetapkan pada 30 November 2018, namun Perda dan Perwali APBD tahun 2019 masih dalam proses.
Serta memperhatikan Permendagri Nomor 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah pasal 196 dan 197 dimana dijelaskan transfer DAU diterima RKUD awal tahun 2019. Hal ini mengakibatkan proses realisasi gaji PNS bulan Januari 2019 tidak bisa tepat waktu. Gaji tersebut akan tertunda beberapa hari menunggu DAU masuk RKUD dan SPD diterbitkan.
“Padahal setahu kita semua proses itu sudah bisa dilakukan tanggal 4 Januari 2019, masalah lain muncul belum adanya SK wali kota terkait pengguna anggaran dan pengelola anggaran lain,” kata sumber Bhirawa di Pemkot Batu.
Dalam kesempatan itu, mereka juga menyesalkan kepergian sejumlah pejabat yang mengikuti studi banding keluar kota. Karena diduga hal ini mengakibatkan terganggunya proses pencairan gaji.
Saat dikonfirmasi, Sekretaris Daerah Zadiem Effisiensi membenarkan bahwa ada keterlambatan pemberian gaji. Namun ia memastikan bahwa dalam waktu dekat ini semua proses sudah selesai dan gaji diberikan.
“Proses sudah selesai, Pak Eddy Murtono juga sudan memberikan penjelasan. SK pengguna anggaran dan pengelola anggaran lain kan harus diganti, itu sudah disiapkan, dalam waktu dekat cair, jelas gajian lah,”jelas Zadiem.
Ia juga meminta agar PNS tidak resah. Dan penjelasan dari Sekda ini sedikit mengobati keresahan dari para PNS yang berharap gaji akan segera cair. [nas]

Tags: