Sumbangkan Gaji Ke-13 untuk Gempa Palu

Reni Astuti

Reni Astuti
Tak hanya ASN, anggota DPRD Kota Surabaya juga menerima gaji ke-13 yang diterimakan Pemkot Surabaya pada 14 ribu ASN-nya mulai, Kamis (1/11). Mendapatinya, anggota Fraksi PKS Kota Surabaya, Reni Astuti justru menyumbangkan semua nominal gaji ke-13 nya pada korban gempa dan tsunami Palu.
“Saya sumbangkan semua gaji ke-13 yang saya terima untuk disumbangkan ke korban bencana gempa bumi Palu,” ujar Reni pada Bhirawa yang sempat menemuinya kemarin. Ia menyebut akan menyalurkannya melalui Posko Bantuan Gempa Palu di Pemkot Surabaya.
Bukan untuk pamer, namun Reni menyebut pernyataan sumbangan ini sebagai bentuk pertanggungjawabannya atas penggunaan gaji ke-13 miliknya. “Kalau diketahui umum kan bisa dicek, benar atau nggak sumbangan saya,” terang ibu empat putra ini.
Mengenai nominalnya, Reni mengatakan “Ndak banyak, tapi saya senang bisa ikut membantu masyarakat yang diterpa gempa dengan ribuan orang meninggal tersebut. Itu tragedi,” kata perempuan alumnus ITS ini.
Reni sendiri sebelumnya dikenal sebagai salah satu anggota legislatif yang getol memperjuangkan pencairan gaji ke-13 bagi ASN Kota Surabaya yang tertunda dari Juli lalu. Anggota Dewan dua periode ini bahkan sempat merilis penelitiannya atas APBD 2018 yang membuktikan bahwa Pemkot Surabaya masih mampu untuk mencairkan penghasilan tambahan PNS tersebut.
Sempat berjuang sendiri, akhirnya gerakan Reni menuntut pencairan gaji ke-13 didukung sejumlah anggota legislatif lain termasuk pimpinan Dewan. “Ya para ASN sudah bisa berlega hati atas cairnya gaji ke-13 ini. Mari kita terus tetap bersemangat dalam melayani warga kota Surabaya,” ujar mantan atlit lari jarak pendek waktu sekolah dasar ini memberi semangat. [gat]

Tags: