SMK Antartika 2 Buduran Awali Try Out UNBK

Para siswa antusias mengerjakan soal Try Out UNBK SMK Antartika 2 Buduran Sidoarjo, kemarin.

Sidoarjo, Bhirawa
UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang pelaksanaannya akan dilakukan sekitar April 2019 mendatang. Sebanyak 687 siswa SMK Antartika 2 Buduran, Sidoarjo telah melakukan antisipasi, yakni dengan menggelar Try Out UNBK lebih awal. Dengan harapan, para siswa terbiasa menggunakan program/sistem komputerisasi yang berstandar nasional.
Salah satu siswa kelas XII AK1, Alfi Kandow mengaku senang dengan adanya kegiatan Try Out UNBK seperti ini. Karena bisa memacu kita untuk lebih giat belajar, juga bisa buat latihan awal/persiapan jelang pelaksanaan UNBK yang sesungguhnya. “Dan lagi, nanti waktu tes masuk perguruan tinggi, semuanya juga menggunakan komputer. Jadi try out ini sangat membantu saya untuk terbiasa menggunakan komputerisasi,” jelasnya usai mengikuti try out UBNK, kemarin(8/11).
Kepala SMK Antartika 2 Buduran, Sidoarjo Imam Jawahir menuturkan kalau pelaksanaan Try Out ini dilakukan lebih awal lantaran untuk mengantisipasi atau mempersiapkan anak-anak lebih siap menghadapi UNBK itu memerlukan persiapan yang cukup matang. Selain itu juga untuk mengevaluasi selama pembelajaran selama kelas X, XI dan XII serta evaluasi Bimbel yang dilaksanakan setiap hari Sabtu. “Sejauh mana kemampuan anak-anak itu akan kita evaluasi, kita akan lihat hasilnya. Agar kita nanti bisa mengambil kebijakan yang lebih bagus buat mereka,” tuturnya
Jadi kita ini melakukan antisipasi, jika UNBK nanti dimajukan pada Maret 2019, karena bulan April diperkirakan banyak agenda, diantarnya ada Pilpres, Pileg juga bulan puasa. Oleh karena itu, sejak sekarang kami mempersiapkan belajarnya anak-anak, karena kegiatan kelas XII itu padat sekali.
Diantaranya UAS, UKK (Ujian Kompetensi Keahlian), ULSP (Ujian Lembaga Sertifikasi Profesi, setelah itu juga ada ujian akhir semester VI, lanjut ke USBN dan terakhir UNBK. “Makanya, anak-anak harus terlatih dan terbiasa menggunakan latihan ujian komputerisasi dengan standar nasional. Jangan sampai anak-anak nanti waktu bertanding yang sesungguhnya bisa mendapatkan nilai yang maksimal,” terang Imam Jawahir.
Dalam pelaksanaan try out UNBK ini, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 375 komputer di 12 ruang lab, per ruang diisi 30 komputer. “Karena banyaknya yang mengikuti program ini, makanya dalam pelaksanaannya kami bagi dalam dua sesi. Sarana dan prasaranannya juga telah kami siapkan secara matang,” pungkas Imam Jawahir.
Terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo Endang Widiastuti juga menuturkan apa yang telah dilakukan SMK Antartika 2 ini bagus sekali. Karena untuk melatih anak-anak agar dalam pelaksanaan UNBK yang sesungguhnya nanti tidak mengalami kebingungan. “Semoga upaya yang dilakukan ini bisa meningkatkan prestasi yang lebih bagus lagi,” tutur Endang Widiastuti. [ach]

Tags: