Optimis PSDKU Segera Berdiri

Dra Kumudawati MPd

Dra Kumudawati MPd
Tak banyak wanita di Situbondo yang punya banyak jabatan di pundaknya. Satu diantara wanita perkasa itu adalah Dra Kumudawati MPd, yang dipercaya menjadi Pengelola Akademi Komunitas Negeri (AKN) Situbondo-sebuah kampus kejuruan yang berada dibawah naungan Politehnik Negeri Jember atau Polije.
Kumudawati sudah lima tahun ini berhasil menahkodai kampus dengan program studi diluar domisli (PSDD) di Kabupaten Situbondo tersebut. Baginya jabatan itu selain merupakan amanah juga sebagai sarana mengabdikan ilmunya kepada para mahasiswa yang ada di Kota Santri Situbondo.
Pada, Kamis (8/11), lagi-lagi Kumudawati menjadi bintang pada puncak acara prosesi AKN Situbondo ke-V, di Ed Hotel Lotus SMKN 1 Panji Situbondo. Sebab, dari sejumlah deretan tenaga rektorat AKN Situbondo maupun Polije Jember hanya Kumudawati yang mewakili kaum perempuan.
Wanita yang kini juga menjabat sebagi Kasek SMKN 1 Panji itu, tampil dengan percaya diri dihadapan undangan wisudawan. “Ini wisuda AKN Situbondo yang kelima. Tahun 2018 ini kami mewisuda 33 mahasiswa,” ujarnya merendah.
Kumudawati mengaku optimis, Kabupaten Situbondo tidak lama lagi akan memiliki sebuah PTN-sama dengan daerah kabupaten/kota lain di Jatim. Kumudawati memastikan, Situbondo akan akan segera memiliki PSDKU (pusat studi diluar kampus utama), kampus negeri yang akan menyediakan studi Diploma 4 (D-4) hingga Strata 2 terapan, mirip sepert kampus Unair yang berdiri di Kabupaten Banyuwangi. “Kami masih menyiapkan semua tahapan untuk kepentingan berdirinya PSDKU tersebut. Doakan lancar,” papar Kumudawati.
Kumudawati menambahkan, dengan adanya AKN di Situbondo akan menjadi cikal bakal berdirinya sebuah PTN di Kabupaten Situbondo. Kata Kumudawati, dalam waktu dekat di Situbondo juga akan berdiri PSDKU (Program Studi di Luar Kampus Utama).
Artinya, sebut Kumudawati, akan ada Politehnik Jember di Situbondo atau seperti Unair perwakilan di Banyuwangi. “Meski nanti ada program baru, keberadaan AKN Situbondo akan tetap berjalan seperti biasanya,” tuturnya. [awi]

Rate this article!
Tags: