Lantik Empat Wakil Rektor, Targetkan PTNBH

Rektor Unesa, Prof Nur Hasan melantik empat Wakil Rektor baru. Salah satunya Wakil Rektor I bidang Akademik Prof Dr Bambang Yulianto (empat dari kanan), Rabu (31/10).

Surabaya, Bhirawa
Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Prof Nur Hasan melantik empat Wakil Rektor (WR) Unesa untuk masa pengabdian 2018-2022. Ke empat WR tersebut diantaranya, Prof. Dr. Bambang Yulianto Wakil Rektor Bidang Akdemik, Suprapto S.Pd., M.T. Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Agus Hariyanto M.Kes. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dan Drs Sujarwanto M.Pd. Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama. Prof Nur Hasan Mengungkapkan dilantiknya ke empat wakil rektor ini merupakan bentuk penyegaran struktural kepemimpinan Unesa untuk terus meningkatkan kualitasnya. Namun, bukan berarti di periode sebelumnya, wakil rektor gagal meningkatkan kualitas pendidikan di Unesa. Hal itu terbukti dengan raihan akreditasi A yang diterima Unesa di periode sebelumnya.
“Di periode sebelumnya Unesa telah mengalami banyak peningkatan. Pada periode ini kita akan tingkatkan lagi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Baik mulai Dharma 1, 2 hingga 3. Fokus kami kedepan adalah Unesa menjadi PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum),” tutur Prof Nur Hasan.
Dalam menyiapkan hal itu, lanjut Prof Hasan, beberapa tim sudah di terjunkan untuk melakukan pembelajaran di tiga Universitas berbeda di Indonesia. antara lain, ITS (Intitute Teknologi Sepuluh Nopember), UNAIR (Universitas Airlangga) dan UPI (Universitas Pendidikan Indonesia). di samping itu, pihaknya juga menambahkan jika Unesa sendiri sudah memiliki Badan Layanan Umum (BLU) yang dikerjakan oleh wakil rektor bidang I, II, III dan IV. Seperti produk air mineral, Poliklinik, Unesa Mart dan Jasa SDM. Selain itu ada industri kreatif yg dimiliki LPPM dan LP3M.
“Ini kita fokuskan untuk membangun jejaring yang sudah ada. Meningkatkan income generating untuk bisa menjadi PTNBH. Diperlukan kreatifitas warek untuk berwirausaha agar lebih ‘menjual’,” kata Nur Hasan.
Karena, sambung Prof Nur Hasan untuk menjadi PTNBH Lembaga pendidikan tinggi harus memiliki moda tambahan sebesar 60 persen.

Optimalkan Kerjasama antar Lembaga di Internal Unesa
Sementara itu, bagi warek I bidang Akademik, Prof Dr Bambang Yulianto yang baru dilantik untuk bisa menjadi PTNBH pihaknya akan fokus pada pembangunan sumber daya manusia.
“Sesuai dengan arahan Dirjen Belmawa (Pemelajaran dan Kemahasiswaan) jika kurikulum perkuliahan harus diorientasikan pada revolusi industri 4.0. sehingga ada kemampuan yang harus dicapai oleh manusia Indonesia,” ungkap dia. Lebih lanjut, dari pendekatan yang dilakukan dalam menyambut era revolusi industri adalah pematangan literasi, yang ia nilai berkembang lebih cepat. Seperti Literasi Data (Big Data), Literasi Teknologi, dan Literasi Sumber Daya Manusia yang mencakup humanities, komunikasi, dan desain.
“Ketiga literasi ini akan kita fokuskan dalam kurikulum pembelajaran. karena saat ini kita dihadapkan pada era digitalisasi,” lanjut dia. Untuk internal kampus, pihaknya juga akan meningkatkan kerjasama internal dalam Unesa yang didorong dengan PPL.
“Kita lihat kerjasama antar lembaga internal Unesa kurang optimal. Padahal, jika dilihat kita punya sumber daya manusia yang memadai. Tapi kenapa harus cari tenaga diluar?,” tandas Prof Bambang. [ina]

Empat Wakil Rektor Unesa yang dilantik untuk Periode (2018/2022)
Nama                                     Bidang
Prof. Dr. Bambang Yulianto       Bidang Akdemik
Suprapto S.Pd., M.T                Bidang Umum dan Keuangan,
Dr. Agus Hariyanto M.Kes        Bidang Kemahasiswaan dan Alumni
Drs Sujarwanto M.Pd               Bidang Perencanaan dan Kerjasama.

Tags: