KPU Kabupaten Jombang Siapkan Template Bagi Pemilih Tuna Netra

Komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, M Fatoni saat sosialisasi template bagi tuna netra, Senin siang (05/11). [Arif Yulianto]

Jombang, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupayen Jombang mengumpulkan pemilih difabel di Ruang Husni Kamil Manik, Kantor KPU Kabupaten Jombang, Senin (5/11). Hal itu dilakukan untuk memberikan sosialisasi kepada para penyandang disabilitas di Jombang terkait Pemilihan Umum (Pemilu 2019), mulai tata cara hingga aturan Pemilu tersebut.
Puluhan peserta yang hadir berasal dari Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) dan Ikatan Penyandang Cacat (IPC) Kabupaten Jombang. Dalam forum tersebut, para penyandang disabilitas terlihat antusias. Mereka menanyakan berbagai permasalahan seputar pemilu.
Komisioner KPU Kabupaten Jombang, Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, M Fatoni mengatakan, acara tersebut untuk mensosialisasikan Pemilu bagi penyandang cacat atau difabel. Dengan begitu, kelompok disabilitas tersebut antusias untuk memberikan suaranya dalam pemilu 2019.
Fatoni mengatakan, untuk para tuna netra, KPU menyediakan template khusus. Namun demikian, bagi tuna netra yang ingin memberikan suara dengan didampingi seseorang, KPU Kabupaten Jombang tetap mempersilakan. “Pemilih tuna netra bisa menunjuk orang untuk mendampingi saat mencoblos. Bisa juga minta didampingi petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS),” ujar Fatoni usai acara sosialisasi.
Ia menambahkan, dalam forum tersebut, pihaknya juga memperlihatkan template yang akan digunakan sebagai alat bantu tuna netra untuk mencoblos. Hanya saja, saat ini alat tersebut belum dikirim ke KPU Kabupaten Jombang.
“Kita sediakan template untuk tuna netra. Akan tetapi saat ini alat tersebut belum dikirim. Karena pengadaan menjadi wewenang KPU pusat,” terang Fatoni.
Salah satu penyandang tuna netra bernama Suparno menyambut baik apa yang dilakukan KPU. Bahwa dengan sosialisasi tersebut, pihaknya mengetahui secara gamblang gambaran pemilu 2019.
“Tidak ada kesulitan karena selain ada template, kita juga bisa menunjuk orang sebagai pendamping saat kita mencoblos,” pungkas Suparno. [rif]

Tags: