Bawaslu Kota Batu Tindak APK Caleg Tak Taat Aturan

Petugas dari Bawaslu Kota Batu saat melepas beberapa APK yang disinyalir telah melanggar peraturan.

Kota Batu,Bhirawa
Di berbagai sudut Kota Batu ditemukan puluhan Alat Peraga Kampanyer (APK) milik Calon Legislatif(Caleg) yang disinyalir melanggar aturan. Akibatnya, kemarin (9/11) Bawaslu Kota Batu melakukan pencopotan terhadap APK nakal tersebut.
Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman menjelaskan bahwa semua APK dari caleg yang dipasang harus dari berasal dari partai. Artinya, APK tersebut bukan dari perseorangan caleg. “Jadi APK yang dipasang itu bukan diadakan sendiri oleh Caleg sendiri melainkan harus berkoordinasi dengan Partai pengusung,”ujar Rochman, Jumat (9/11).
Untuk memonitor/ memantau legalitas, setiap ada pemasangan APK Bawaslu berkoordinasi dengan Partai. Jika partai tsb tidak memberikan respon, maka Bawaslu berhak dan akan mencopot APK tersebut.
Selain harus dari Parpol, lanjut Rochman, APK yang melanggar itu juga karena tidak tepat pemasangannya. Seperti dipasang di pohon, tiang telepon, tiang listrik, fasilitas umum, dan lainnya. Baik itu berupa banner, baliho, stiker, spanduk.
“Yang dikategorikan melanggar juga APK yang dipasang di tempat sekolah dan tempat ibadah,”tambah Rochman.
Dan ketika ditemukan adanya pelanggaran APK, Bawaslu segera bersurat ke KPUKota Batu. Lalu dari KPU diteruskan dengan bersurat ke Partai masing-masing. Apabila dari Partai itu tidak mengirim surat balasan, maka Bawaslu berhak mencopot APK tersebut.
Ada puluhan APK yang kemarin dicabut dan diamankan Bawaslu. APK tersebut diambildari beberapa titik antara lain, di Jl.Ir.Soekarno Desa Mojorejo, Jalan Ir.Soekarno Desa Beji, Jalan Desa Pandanrejo, Jalan Desa Desa Giripurno, dan jalan Desa Sidomulyo.
Dengan diamankannya APK liar ini, Rochman menghimbau kepada setiap Caleg agar berkoordinasi dengan Partai masing-masing dalam pemasangan APK. Kemudian setiap Partai juga harus menindaklanjuti dengan melaporkan pemasangan APK.(nas)

Tags: