Unusa Gelar Sholat Gaib untuk Palu-Donggala

Civitas akademika Unusa melaksanakan Sholat Goib untuk korban bencana alam gempa dan tsunami di Palu-Donggala, Selasa (2/10).

Surabaya, Bhirawa
Civitas Akademika Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) gelar sholat Gaib dan doa bersama untuk korban bencana gempa dan tsunami Palu-Donggala, Selasa (2/10). Tak hanya itu saja, para mahasiswa dan dosen yang berjumlah 150 orang ini juga menggalang donasi untuk membantu para korban.
Rektor Unusa, Prof Jazidie mengungkapkan kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian Unusa dalam merespon kejadian korban bencana gempa dan Tsunami di Palu-Donggala yang menewaskan ribuan jiwa.
“Setelah sholat dzuhur berjamaah kita lakukan sholat ghoib. Usai sholat kita galang donasi bencana yang dikoordinir tim Unusa Peduli Bencana. Dan dilanjutkan dengan aksi-aksi yang lain,” ungkap Rektor Unusa, Prof Jazidie. Lebih lanjut, keinginan Unusa untuk mengirimkan tim relawan medis, pihak Unusa masih masih mempertimbangka hal itu. Mengingat kondisi di lapangan masih belum kondusif. “Mudah-mudahan kita bisa melakukan hal yang sama seperti di Lombok kemarin. Mengirim beberapa mahasiswa dan dosen untuk relawan medis,” tutur dia.
Sementara itu, mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unusa, Imania Fani Maulida mengaku kagum atas aksi yang dilakukan warga Unusa dalam merespon bencana alam yang melanda Palu-Donggala. Mengingat dilokasi tersebut sangat membutuhkan perhatian dan bantuan. Pihaknya juga mengaku siap jika nantinya dikirim untuk menjadi elawan oleh pihak kampus.
Bersama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)FKIP, pihaknya juga tengah menggalakkan bantuan berupa ligostik, uang, dan pakaian untuk disalurkan langsung ke korban gempa dan Tsunami Palu-Donggala.
“Saya masih akan lakukan aksi lagi bersama mahasiswa lainnya. Karena ini sudah sangat darurat. Untuk berangkat, kami dengan rekan-rekan menunggu instruksi selanjutnya,” tandas dia. Dalam kegiatan ini, Unusa yang diwakilkan Prof Jazidie juga memberikan donasi sebanyak Rp5 juta. [ina]

Tags: