Terminal Petikemas Surabaya Siap Implementasikan Online Booking Ekspor

Suasana kegiatan Petikemas di TPS

Surabaya, Bhirawa
Setelah sukses mengimplementasikan Online Booking impor sejak bulan Juli 2018, kini TPS siap meluncurkan online booking ekspor yang saat ini masih dilakukan trial sejak bulan Juli 2018.
“Nantinya online booking ekspor ini akan mulai diberlakukan per tanggal 1 November 2018”, ungkap M. Soleh, Kahumas PT TPS Kamis (11/10) kemarin.
Online booking sendiri merupakan layanan berbasis online yang disediakan oleh TPS melalui Clique247 yang tersedia di website www.tps.co.id, dimana pengguna jasa dapat melakukan pemesanan pelayanan baik ekspor maupun impor kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke kantor pelayanan TPS, sehingga prosesnya pun lebih mudah, cepat dan akurat.
Hal ini merupakan salah satu inovasi yang dilakukan TPS dalam hal peningkatan pelayanan prima kepada pengguna jasa. TPS pun menyediakan beberapa komputer di konter customer service untuk mendukung uji coba online booking ini, dimana petugas customer service TPS akan memberikan tutorial secara langsung kepada para pengguna jasa tentang cara pengoperasian online booking.
Sebelumnya, Kamis (4/10), TPS juga telah memberikan sosialisasi sekaligus sharing session kepada pengguna jasa terkait penerapan online booking ini. Acara ini diselenggarakan di Hotel Aria Surabaya dan dihadiri oleh kurang lebih 22 perusahaan pelayaran. “Melalui acara sosialisasi ini, kami ingin merespon dan menjawab semua pertanyaan serta keluhan customer selama trial dan penerapan online booking ini”, ungkap Soleh.
Trafik petikemas
Arus petikemas ekspor impor sampai dengan bulan September 2018 yang melalui TPS secara total tercatat 1.076.810 Teus naik 5,41% dari realisasi tahun 2017 pada periode yang sama. Capaian tersebut diperoleh dari arus petikemas internasional mencapai 996.153 Teus naik 4% dibanding tahun lalu pada periode yang sama dan pada petikemas domestik sebanyak 80.657 Teus naik 27% dari tahun lalu pada periode yang sama.
Tentang PT Terminal Petikemas Surabaya :
PT Terminal Petikemas Surabaya atau disingkat TPS adalah salah satu anak perusahaan yang tergabung dalam Pelindo III Group, bergerak dibidang jasa kepelabuhanan dalam pelayanan terminal petikemas ekspor-impor dan domestik.
TPS berdiri sejak tahun 1992 sebagai Unit Terminal Peti Kemas (UTPK) dan diprivatisasi pada tanggal 29 April 1999 oleh P&O Dover dengan saham kepemilikan sebesar 49%. Pada tahun 2004 TPS telah mencapai throughput >1 juta Teus dan terus bertambah hingga saat ini.
Pada tanggal 1 Maret 2006 Holding Company P&O Port diakuisisi oleh DP World, sehingga seluruh asset dan penyertaan milik P&O Dover berpindah kepemilikan ke DP World, termasuk saham 49% di TPS sehingga komposisi saham TPS adalah 51% milik PT Pelindo III dan 49% milik DP World.
TPS menjalankan bisnis inti sebagai operator terminal petikemas, sebagai gerbang perekonomian dari kegiatan ekspor – impor diwilayah Indonesia Timur dan merupakan terminal pertama di Indonesia yang menerapkan standar keamanan kapal dan fasilitas pelabuha yang mulai diberlakukan pada bulan Juli 2004.(ma)

Tags: