Tekan Kebocoran, Dishub Gresik Berlakukan Parkir Elektroknik

Mesin parkir elektronik yang siap dipasang. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik, Bhirawa
Untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor parkir dan menekan angka kebocoran parkir, Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Gresik akan memberlakukan parkir elektronik atau e – parkir. Kemungkinan parkir elektronik itu efektif akan mulai diberlakukan pada Januari 2019 mendatang.
Dalam waktu dekat, uji coba parkir elektronik itu akan diberlakukan dalam Oktober ini. Dan ini merupakan terobosan baru yang dilakukan Dishub untuk meminimalisir tejadinya kebocoran karcis selama ini.
Sebagai wujud keseriusan terhadap program parkir elektronik itu pihak Dishub Gresik mulai mengerjakan pemasangan 10 mesin e-parkir senilai Rp1,2 miliar yang dilakukan bersama PT Vertikal Akses Asia dari Jakarta selaku rekanan.
Menurut Nanang Setiawan, Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Gresik, uji coba penerapan e-parkir atau parkir elektronik di wilayah Kota Gresik akan dimulai pada bulan Oktober ini. Tujuannya, untuk meningkatkan PAD lewat retribusi parkir. Tahapan pemasangan mesin e-parkir mulai dilakukan di 10 titik areal parkir yang berada di kawasan Pasar Kota Gresik. Yakni, sembilan titik berada di Jl Samanhudi dan 1 titik di Jl KH Hasyim Ashari, Kab Gresik.
Dijelaskan, teknis pemberlakuan e-parkir ini tidak sulit. Tetapi, memang perlu Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk bisa mengoperasikannya. Untuk itu akan dilakukan sosialisasi maupun membimbing para petugas Juru Parkir (Jukir) dalam pengoperasionalnya.
Ditambahkan Nanang, dalam pelaksanaannya nanti para pengguna parkir akan dikenakan tarif melalui e-money atau kartu khusus untuk parkir. Sehingga, transaksi pembayaran tarif parkir tidak lagi langsung membayar uang ditempat. Dengan e-parkir ini, pengguna parkir cukup mengunakan kartu khusus parkir yang nantinya akan kami siapkan dan dijual secara umum ditempat yang kami tentukan. Bahkan, kartu e-tol bisa juga bisa digunakan. Karena, kartu e-parkir kerjasamanya juga dengan sejumlah bank. [eri]

Tags: