SMKN 12 Sabet Lima Kategori Utama dan Piala Bergilir Gubernur

Kepala SMKN 12 Surabaya, Birawa Sakti Pracihara menyambut tim Paskibra sekolahnya yang sukses sabet Piala Gubernur, Piala Kapolda da Piala Kapolres serta dua kategori lainnya.

Fokus pada PBB, Antar Podium Juara Umum
Surabaya, Bhirawa
Prestasi membanggakan tengah dialami SMKN 12 Surabaya. pasalnya, melalui tim Paskibraka sekolah, pihakya mampu menyabet seluruh kategori yang dilombakan pada kompetisi Paskibra se Jatim yang diadakan di SMAN 21 Surabaya, Minggu (7/10) lalu. Anggota tim Paskibra, Annisaa Putri mengungkapkan dari enam kategori yang dilombakan, pihaknya mampu mendominasi lima kategori lainnya. Yaitu Juara Umum, Juara PBB 1 Utama,Juara Danton Putra II, Juara 1 Utama, dan Juara 3 Formasi.
“Ini ke dua kalinya kami menyapu bersih hampir seluruh kategori yang dilombakan. Meskipun ada satu yang nggak dapat nomor yaitu kategori variasi,” ujar dia.
Nissa menuturkan, pihaknya juga berhasil menyabet piala bergilir Gubernur, piala Kapolda dan piala Kapolres.
“Penghargaan ini sangat membanggakan bagi kami, dan berkesan bagi kami,” ungkap dia.
Diakui Nissa, pencapaian yang diraih tim Paskibra SMKN 12, tidak lain merupakan hasil latihan disiplin yang dilakukan selama satu bulan penuh. Di mana, pelatihan tersebut terfokus pada PBB (Pasukan Baris-Berbaris).
“Kata pelatih PB ini paling utama. Kalau dapat juara di PBB, secara otomatis juga akan dapat juara utama. jadi mereka fokuskan pada pelatihan PBB,” Kata siswa DKV kelas IX ini.
Sementara itu, Kepala SMKN 12 Surabaya Birawa Sakti Pracihara mengungkapkan apa yang diraih para siswanya dalam tim Paskibra merupakan sesuatu yang membanggakan. Terlebih tim Paskib mampu menyabet Piala bergilir Gubernur.
“Pencapaian ini tentu saja membuat kami bangga. Apalagi mereka juga membawa pulang Piala Bergilir Gubernur,” ujar dia.
Di lain sisi, Praci juga memuji kerja keras dan semangat tim Paskibra dalam mengikuti kompetisi Paskib baik tingkat Regional maupun Nasional.
“Yang bikin saya salut, mereka berlatih ini sungguh-sungguh. Selalu semangat. Jauh-jauh hari mereka sudah menyiapkan latihan sebelum lomba dimulai. Ini yang bikin saya bangga pada mereka. mereka pantas lah dapat ini,” tandas Praci.

Latih Pengontrolan Ego, Jaga Kekompakan
Dibalik kesuksesan SMKN 12 Surabaya menyabet lima kategori utama dalam Kompetisi Paskibra se Jatim, peran pelatih tentu saja tidak bisa dikesampingkan. Terlebih, sistem pelatihan pengontrolan ego yang dilakukan selama satu tahu, menjadi salah satu faktor pendukung dalam keberhasilan tim tersebut. Ketua tim pelatih Paskibra SMKN 12 Surabaya, Muhammad Nizar mengungkapkan pelatihan dalam mengontrol ego sangat penting dilakukan untuk menjaga kekompakan dan kerjasama dalam tim. Mengingat jumlah anggota dalam barisan paskibra berjumlah 16 orang.
“Tidak ada perlakuan khusus untuk melatih pengontrolan ego. Yang jelas kita arahkan mereka untuk berkomitmen. Kalau ada tugas atau acara keluarga mereka harus korbankan waktu itu dan fokus sama tim ini. Jadi kita arahkan mereka untuk ego pasukan. Bukan ego pribadi,” ungkap Nizar.
Sebagai ketua tim pelatih, Nizar juga sering menekankan kepada timnya untuk memperhatikan hal-hal yang telihat kecil dan sepele. Menurut dia, jika timnya tidak fokus dalam melihat masalah tersebut nantinya akan menjadi boomerang bagi tim nya. “Saya sering katakan, serius tapi santai. Liat hal-hal kecil dan sepele. Ini akan pengaruhi tim kalian. Tetap fokus tapi jangan tegang. Itu yang saya katakan kepada mereka,” lanjut Nizar.
Dalam latihan, Nizar juga mengaku jika setiap kategori yang akan dilombakan pihaknya akan memfokuskan pada beberapa aspek. Misalnya dalam pelatihan formasi dan variasi, ada beberapa hal tingkat kesulitan yang harus dihafal tim nya. Seperti hitungan, kelurusan banjar, dan menghafal pershaf (barisan), irama, power dan suara pada waktu formasi dan variasi.
“Saya juga memerapkan ilmu padi kepada mereka. Semakin berisi semakin merunduk. Bukan sebaliknya. Karena itu bagian dari kunci kesuksesan,” pungkas laki-laki yang aktif di organisasi Posaidon ini. [ina]

Tags: