Seleksi Anggota Komisi Informasi Jatim Memasuki Tahap Wawancara

Pemprov Jatim, Bhirawa
Seleksi anggota Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jatim periode 2018 – 2022 memasuki tahap wawancara. Tes wawancara diikuti oleh 34 peserta yang dilaksanakan di aula lantai 4 Dinas Kominfo Jatim, Rabu (3/10).
Pada tes wawancara kemarin melibatkan 5 orang tim seleksi. Yayan Sakti Suryandaru yang merupakan dosen di Universitas Airlangga dan praktisi media juga terlibat dalam tim seleksi untuk wawancara.
Tjuk Suwarsono, selaku Anggota Tim Seleksi Anggota KIP Jatim periode 2018 – 2022 mengungkapkan, tes wawancara ini merupakan tes terakhir oleh tim seleksi sebelum diajukan ke DPRD. “Ini tahap terakhir dari Pansel (Panitia Seleksi, red) setelah tahap – tahap lainnya ialah seleksi administratif, lalu penulisan essay, tes psikologi dan sekarang wawancara. Dari wawancara ini kita akan memilih sejumlah orang dan jumlahnya belum bisa dipastikan lalu diserahkan ke DPRD untuk diuji lagi,” ujar Tjuk.
Tahap seleksi wawancara dibagi menjadi 5 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 – 10.30. Sesi kedua pukul 10.30 – 13.00. Sesi ketiga dimulai jam 13.00 – 15.30 dan sesi keempat dimulai pukul 15.30 – 18.00. Sesi terakhir dimulai pukul 18.00 dan diakhiri pukul 20.30.
Peserta wawancara yang dinyatakan lolos selanjutnya akan mengikuti tes tahap terakhir yaitu fit and proper test oleh DPRD. Tes ini merupakan tes uji kelayakan dan kepatutan yang nantinya akan diambil 5 orang untuk ditetapkan menjadi anggota Komisioner Informasi. Rencananya, peserta yang telah lolos seleksi oleh DPRD akan dilantik paling lambat sebelum 31 Desember 2018.
Seperti diketahui, tugas dari Komisi Informasi adalah sebagai penghubung antara masyarakat dengan lembaga pemerintah yang menyediakan informasi. Sebelumnya, pada tahap awal seleksi anggota Komisi Informasi sebanyak 200 peserta dinyatakan gagal karena tidak memenuhi kriteria. Tahap kedua yaitu tes tulis diikuti sebanyak 90 peserta yang terdaftar dan 35 di antaranya dinyatakan lolos. Tahap selanjutnya adalah tes psikologi yang diikuti oleh 34 peserta yang dilaksanakan di Lembaga Psikologi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Juanda pada 5 september. [rac]

Tags: