RSUD Tongas Probolinggo Berangkatkan ke Konferensi IMF-Bank Dunia

Tim ambulance ke AM IMF-WBG dan ALG 2018 RSUD Tongas.

Probolinggo, Bhirawa
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tongas, melepas keberangkatan Tim Ambulance untuk menjadi tim VVIP di acara berskala internasional di Nusa Dua Bali hingga 14 Oktober 2018. Yakni, Annual Meeting International Monetary Fund World Bank Group (AM IMF-WBG) dan ASEAN Leader Gathering (ALG) Tahun 2018.
Tim Ambulance RSUD Tongas ini terdiri dari 1 orang dokter umum, 2 orang perawat dan 1 orang driver. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Sekretariat Negara RI serta dihadiri oleh negara-negara tetangga seperti Malaysia, Laos, Thailand dan negara ASEAN lainnya
“Tentunya RSUD Tongas patut berbangga hati karena bisa menjadi bagian dalam tim VVIP di Annual Meeting International Monetary Fund World Bank Group dan ASEAN Leader Gathering Tahun 2018 yang diselenggarakan di Nusa Dua Bali,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Tongas dr. Moch. Asjroel Sjakrie, Selasa 9/10.
Untuk Tim Ambulance RSUD Tongas sendiri mendapatkan kesempatan pada tempat utama. Yakni, bagian Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB dan ASEAN. Ambulance RSUD Tongas terbilang representatif untuk ambulance rescue dengan dilengkapi alat-alat kesehatan seperti patient monitor dan lainnya. Sedangkan kru yang bertugas memiliki sertifikat yang dipersyaratkan seperti ATLS/ACLS bagi dokter dan BCLS/PPGD bagi perawat.
“Selamat menjalankan tugas demi mengharumkan nama RSUD Tongas, Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan Indonesia. Semoga diberi keberkahan dan kelancaran selama menjalankan tugas, sehat dan selamat sampai kembali lagi,” harapnya.
Sebelumnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tongastelah menggelar mini simposium dengam tema “Penatalaksanaan Astma Bronchiale dan Pneumonia pada Anak”. Mini simposium ini diikuti oleh tenaga medis dari dalam dan wilayah sekitar RSUD Tongas, papar dr.Asjroel .
Acara tersebut diinisiasi oleh Komite Medik RSUD Tongas yang diketuai oleh dr. Kholiatun Noer. Selama kegiatan para peserta mendapatkan materi dari dokter spesialis anak RSUD Tongas berupa astma bronchiale oleh dr. Catur Prangga, Sp.A dan pneumonia oleh dr.Vonny M.D, Sp.A.
Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pembelajaran secara komprehensif kepada tenaga kesehatan di internal RSUD Tongas serta tenaga kesehatan di puskesmas di wilayah barat Kabupaten Probolinggo.
“Melalui kegiatan ini diharapkan semua tenaga kesehatan mampu menatalaksana pasien dengan tepat dan optimal sesuai ketersediaan fasilitas kesehatan guna mengoptimalisasi layanan. Bila memang membutuhkan rujuk tatalaksana awal sudah dilakukan sehingga memperbesar peluang kesembuhan pasien,” paparnya.
Materi yang disampaikan dalam mini simposium ini tidak hanya sebagai modal dalam merujuk saja, tetapi juga sebagai penguatan tatalaksana di fasilitas kesehatan mulai tingkat 1 sampai tingkat lanjutan, tambahnya. (Wap)

Tags: