Rangkul Semua Guru, Gratiskan Siswa dari Biaya PSM

Drs Gatot Dwi Puji Handoko

Drs Gatot Dwi Puji Handoko
Meski SMANSABA (SMAN 1 Banyuputih) Situbondo masih seumur jagung, perlahan namun pasti mampu menunjukkan kemajuan di bidang akademik maupun non akademik selama 4 tahun belakangan ini. Itu tercapai, selain berkat kecerdasan yang dimiliki Drs Gatot Dwi Puji Handoko sebagai Kepala Sekolah juga adanya kekompakan dari semua tenaga pendidik, komite sekolah dan para peserta didik sehingga mendukung terciptanya kemajuan kualitas pendidikan di SMANSABA sejak tahun 2014 silam.
Gatot Dwi Puji Handoko menambahkan, dengan merangkul guru dan GTT serta PTT, keberadaan SMANSABA kini kian dilirik para orang tua murid dalam setiap penerimaan siswa baru (PSB). Terbukti dari tahun ketahun, aku Gatot, meski SMANSABA berada di pekosok desa mampu meningkatkan jumlah siswa baru. “Tahun 2017 silam kami hanya menerima 35 siswa, namun tahun 2018 ini mampu naik 100 persen menjadi 62 siswa. Ini patut kami syukuri,” ujar Gatot. Selain melakukan pendekatan kepada guru, kata Gatot, pihaknya juga merangkul kalangan orang tua murid agar selalu mendukung terciptanya proses belajar mengajar (PBM) yang baik di SMANSABA. Untuk membuktikan niat baik itu, urai Gatot, sejak berdiri hingga tahun ajaran 2018 ini pihaknya menggratiskan penarikan dana peran serta masyarakat (PSM). “Kalau sekolah lain mungkin hampir rata menarik dana PSM dari para orang tua murid. Tetapi Kami (SMANSABA) sebaliknya menggratiskan orang tua murid dari dana PSM. Ini karena kondisi ekonomi masyarakat setempat belum mapan,” ungkap Gatot. Untuk mensiasati kurangnya dana operasional sekolah, menurut Gatot, pihaknya secara terus terang mengandalkan penggunaan dana murni dari BOS (biaya operasional sekolah). Dengan berbagai strategi dan gagasan, terang Gatot, selama 4 tahun berdiri SMANSABA tetap eksis menyelenggarakan PBM antara guru dan peserta didik.
“Kami bersama semua elemen sepakat mengatur bagaimana BOS ini bisa cukup untuk operasional sekolah tanpa adanya tarikan dana PSM dari orang tua murid. Alhamdulillah selama ini bisa berjalan dengan baik,” pungkas Gatot. [awi]

Tags: