Polisi Kembali Panggil Dhani Terkait Dugaan Kasus Penipuan

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Barung Mangera menerangkan update pemanggilan Ahmad Dhani dalam dugaan kasus penipuan di Mapolda Jatim, Senin (22/10).[abednego/bhirawa]

Polda Jatim, Bhirawa
Polda Jatim kembali melayangkan pemanggilan kepada Ahmad Dhani Prasetyo. Pemanggilan musisi yang juga pentolan Dewa 19 ini terkait dugaan kasus penipuan dan penggelapan pembangunan vila di Batu Malang milik Moh Zaini Ilyas.
“Besok Selasa (hari ini, red) Ahmad Dhani dipanggil terkait dugaan kasus penipuan dan penggelapan yang dilaporkan di Ditreskrimum Polda Jatim,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera di Polda Jatim, Senin (22/10).
Barung menjelaskan, Ahmad Dhani dipanggil terkait pemeriksaannya sebagai saksi piutang investasi vila di Batu Malang. “Terkait pembuatan vila di Batu. Untuk Edy Rumpoko (mantan Wali Kota Baru) telah diperiksa di Jakarta. Tapi Dhani juga harus diperiksa supaya keterangannya klop. Ini ada yang lapor, jadi bukan kriminalisasi,” jelasnya.
Masih kata Barung, pihaknya juga telah mengirimkan status cegah tangkal (cekal) ke pihak Kanwil Imigrasi Surabaya pada Jumat (19/10). Pencekalan itu sebagai antisipasi untuk pemeriksaan Dhani berikutnya terkait dugaan kasus pencemaran nama baik. Sebab langkah itu dilakukan agar yang bersangkutan bisa kooperatif terhadap panggilan dari kepolisian.
“Antisipasi jangan lagi dibuat beban apabila dia tidak hadir dan keluar negeri. Sudah tiga hari, dan kita harapkan suratnya segera keluar dari Imigrasi,” tegasnya.
Barung menambahkan, pihaknya telah melakukan pemanggilan terhadap suami Mulan Jameela dengan status sebagai tersangka dugaan dugaan kasus pencemaran nama baik minggu lalu, namun tidak datang. “Kami akan tetap melakukan pemanggilan, sesuai dengan yang ditetapkan Undang-undang kepada penyelidik maupun penyidik kepolisan,” pungkasnya.
Seperti diberitakan, Ahmad Dhani Prasetyo dilaporkan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Jatim pada Rabu (26/9) lalu atas dugaan penipuan dan penggelapan pembangunan vila di Batu Malang milik Moh Zaini Ilyas. Laporan tersebut bernomor LPB/1232/IX/2018/UM/JATIM tertanggal 26 September 2018. Sang pelapor ialah Arif Fathoni, mewakili pemberi utang ke Dhani, yakni Zaini Ilyas.
Dalam surat disebutkan nama terlapor ialah Ahmad Dhani Prasetyo beralamat di Jalan Pinang Emas III Pondok Indah Jakarta Selatan. Disebutkan pula dalam laporan bahwa perkara yang dilaporkan terkait penipuan yang terjadi di Kabupaten Malang pada Mei 2016. Dhani dilaporkan dengan Pasal 378 dan 372 Kitab Undang-undang Hukum Pidana.
Tak hanya itu, pentolan grup band Dewa 19 ini dilaporkan Koalisi Bela NKRI karena dalam vlog yang diduga menyebut kelompok penolak deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya pada 26 Agustus lalu dengan kata-kata idiot. [bed]

Tags: