Pemkab Jombang Gelar Sosialisasi Aplikasi LAPOR-SP4N

Sosialisasi aplikasi LAPOR-SP4N Dan PPID di Ruang Suroadiningrat, Pemkab Jombang, Rabu (10/10). [Arif Yulianto/ Bhirawa]

Jombang, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Infrormatikan (Diskominfo) Jombang menggelar Sosialisasi Aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dan Optimalisasi Peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Jombang, di Ruang Pertemuan Suroadiningrat, Rabu (10/10).
Kepala Diskominfo Jombang, Budi Winarno mengatakan, PPID Jombang sangat mendukung dan taat terhadap undang-undang keterbukaan informasi. “PPID Jombang selalu siap kapanpun aduan masuk dan segera menindaklanjuti,” ujar Budi Winarnon Rabu (10/10).
Ia berharap, pengaduan dan laporan dari masyarakat yang masuk bisa diselesaikan di tingkat kabupaten tanpa harus sampai ke pemerintah pusat. Senada dengan Budi Winarno, Asisten 1 Setdakab Jombang, Purwanto mengatakan, aplikasi LAPOR-SP4N merupakan saluran bagi masyarakat untuk bisa menyampakan uneg-unegnya.
“Jalinan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat harus dibangun, masyarakat bebas menyampaikan kritik dan keinginannya, dan Pemkab Jombang melalui Dinas Kominfo punya unit pengaduannya,” terang Purwanto.
Sekadar diketahui, aplikasi LAPOR-SP4N adalah aplikasi yang dibuat pemerintah pusat untuk menampung keluhan masyarakat yang tidak puas terhadap layanan publik melalui situs www.lapor.go.id, twitter, serta layanan pesan singkat melalui nomor 1708 dengan tarif normal sesuai masing-masing operator seluler.
Purwanto mengajak kepada masyarakat Jombang agar berperan aktif memberikan laporan terkait pelayanan publik di lingkup Pemkab Jombang.
“Saya mengajak masyarakat agar berani melapor ke Pemda terkait pelayanan publik. Ini sebagai wujud tata kelola pemerintah yang baik dan benar,” pungkasnya.(rif)

Tags: