Pakde Karwo Sangat Terkesan Dengan Bondowoso Republik Kopi

Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo saat diwawancarai sejumlah wartawan usai Sertijab Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso beberapa waktu lalu. (Samsul Tahar/Bhirawa)

Bondowoso, Bhirawa
Hadir dalam acara Sertijab (Sertijab Terima Jabatan), banyak kesan baik yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur, Dr H Soekarwo, tentang BRK (Bondowoso Republik Kopi) yang merupakan ide brilian mantan Bupati Bondowoso Drs H Amin said Husni yang memimpin Bondowoso selama dua periode.
Salah satu kesan, yang dia sampaikan adalah, Bondowoso tidak lagi hanya menanam kopi, tapi sudah mampu memproses bahan baku kopi.
Gubernur menyebut dirinya memberikan apresiasi kepada pemerintah Bondowoso, yang sudah memproses kopi, dengan cara kulitnya dipecah, juga dalam kulitnya yang keras itu dipecah, disangrai, roasting.
“Ini sangat luar biasa Saya kira ini yang dimaksudkan ekonomi kerakyatan. Jadi, yang tulisan sudah banyak, tapi yang dilakukan seperti Bondowoso masih jarang,” papar puji Gubernur dihadapan ratusan undangan dan diulangi saat diwawancara sejumlah wartawan.
Pria yang juga akrab disapa Pak De itu menjelaskan, bahwa ada lompatan yang sangat jauh, yaitu penurunan kemiskinan di Bondowoso. Dia mengakui, bahwa di Bondowoso sekarang sudah tinggal 14,54 persen. Padahal, kata dia, waktu pak Amin (Amin Said Husni) mulai memimpin masih di kisaran 22 persen.
“Saya kira ini suatu program yang sangat baik. Bahkan ada kabupaten di sebelah, di sebelahnya lagi, itu masih 20,53 persen. Jadi Pemerintah Provinsi menyampaikan terimakasih,” jelas pria yang sebentar lagi purna tugas tersebut.
Selain itu, dia juga mengimbau, kepada bupati yang baru, Drs KH Salwa Arifin dan wakilnya H Irwan Bachtiar Rahmat, agar meneruskan program-program baik yang dilakukan bupati sebelumnya.
“Biasakan hormat terhadap pemimpin sebelumnya. Jangan buat pidato yang menjatuhkan pemimpin sebelumnya, untuk mengangkat dirinya, saya tidak suka. Tirulah Singapura yang selalu menghormati pemimpin sebelumnya,” pungkasnya.
Dalam acara Sertijab di BRK (Bondowoso Republik Kopi) yang dihadiri Gubernur Jawa Timur, Dr H Soekarwo, juga digelar rapat paripurna Istimewa, mendengarkan pidato pertama bupati terpilih. [har]

Tags: