Kuatkan Pariwisata, Pemkab Lumajang Kerjasama dengan Kampus di Bali

Bupati Lumajang Thoriqul Haq berjabat tangan dengan Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, Dewa Gde Ngurah Byomantara,dalam giat pemetaan potensi kerjasama Pemkab Lumajang dengan STP Nusa Dua Bali.

Lumajang Bhirawa
Dalam rangka untuk merealisasikan Renstra (Rencana strategis) untuk mendobrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pariwisata , Pemkab Lumajang beren cana bekerja sama dengan perguruan tinggi dari provinsi Bali.
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Wakilnya Indah Amperawati berencana akan mengembangkan potensi peristiwa yang ada dengan melakukan berbagai terobosan, diantaranya dengan melakukan kerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali.
Rombongan dari Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali yang datang untuk melakukan studi banding ke Lumajang , Selasa(2/9) disambut oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq yang kemudian dilanjutkan dengan mengadakan pertemuan di Gedung Nararya Kirana Kantor Bupati Lumajang,
Pembicaraan tersebut dengan agenda pembahasan seputar kerjasama termasuk pemetaan beberapa potensi pariwisata yang ada di wilayah Lumajang.
Lebih lanjut disampaikan oleh Bupati bahwa pengembangan sektor pariwisata dinilai sangat penting, karena selain dapat memberikan PAD di sektor Pariwisata juga memiliki potensi untuk mengangkat pertumbuhan perekonomian masyarakat.
“Banyak potensi alam di Kabupaten Lumajang yang bisa di optimalkan agar Lumajang kedepan lebih maju, namun jika tidak bersama dengan dunia usaha ya tidak ada langkah maju,” ujarnya.
Bupati Muda yang akrap dengan sapaan Cak Thoriq ini menyampaikan, bahwa kerjasama yang dilakukan dengan salah satu Perguruan Tinggi di Bali itu sesuai dengan rencana program dan janjinya semasa kampanye dulu dimana akan mengelola potensi wisata Lumajang untuki peningkatan PAD dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di sektor pariwisata.
“Tentu ini menjadi langkah awal yang bagi kami penting, karena saya bersama wakil bupati memiliki rencana strategis terkait dunia usaha pariwisata,” jelasnya.
Menurutnya Lumajang memiliki banyak potensi di bidang pariwisata,masih perlu ada kajian kajian khusus dalam beberapa hal, sehingga nantinya akan di temukan formula yang sesuai untuk kebutuhan pariwisata di Lumajang dan juga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.
“Salah satu manfaat optimalisasi sektor pariwisata adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal,” ujarnya
Sementara itu, Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, Dewa Gde Ngurah Byomantara, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Bupati Lumajang terkait penyambutan kedatangannya .
Dirinya juga menyatakn siap menjalin kerja sama bidang pariwisata untuk mengembangkan Potensi dibidang kepariwisataan.(Dwi)

Tags: