Kodim 0804 Magetan Apresiasi Penyelamat Tali Bendera

Samuel Piko saat dialog dengan Dandim 0804 Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko.

Magetan, Bhirawa
Seorang teknisi audio yang bertugas saat upacara Kesaktian Pancasila di Magetan (1/10) mendapat penghargaan khusu dari Dandim 0804 Magetan.
Samuel Piko, demikian nama teknisi audio ini, mendapat penghargaan karena upayanya membetulkan tali tiang bendera saat bendera merah putih akan dikibarkan di upacara tersebut.
1 Oktober 2018 telah berlalu. Namun, detik-detik menjelang pelaksanaan upacara Kesaktian Pancasila di Lapangan Soco, Kabupaten Bendo, Magetan, dimulai, mendadak tali tiang bendera lepas.
Samuel Piko. Pemuda 32 tahun asal Magetan, memanjat tiang berketinggian 4 meter, atas inisiatifnya. Dia mendapat penghargaan dari Komandan Kodim 0804/Magetan, Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko, Kamis (4/10).
“Saya bangga dengan semangat patriot Piko yang memanjat tiang bendera dan membetulkan tali yang lepas itu, sehingga pelaksanaan upacara Kesaktian Pancasila berjalan lancar,” ungkap Dandim Heri Bayu di Makodim 0804/Magetan, kemarin.
Jiwa patriotisme yang dimunculkan oleh Piko, dinilai Heri Bayu sebagai inspirasi yang layak disimak masyarakat dalam membela negara tidak hanya dilakukan saat perang.
“Tapi bisa juga dalam wujud mengorbankan diri dengan cara memperbaiki simbol negara. Itu menunjukkan jiwa patriotism dalam membela negara,” ungkap alumni Akmil 1997 itu.
Kodim 0804/Magetan memberikan apresiasi kepada Samuel Piko berupa piagam yang bisa digunakan untuk mendukung prestasi yang dimiliki Piko serta tali asih pembinaan.
Kepada wartawan, Piko mengaku bahwa dirinya tidak pandai memanjat.
“Saya tergerak untuk membetulkan tali bendera yang putus dengan kemampuan yang saya miliki,” kata pria bertubuh atletis itu. [tok]

Tags: