Kekeringan Melanda Hampir Seluruh Kecamatan di Kabupaten Trenggalek

Trenggalek, Bhirawa
Kemarau panjang yang melanda di beberapa kecamatan dataran tinggi kabupaten Trenggalek mengakibatkan beberapa sumur sudah tidak ada airnya dan sungaipun mengering. lebih dari 13 dari 14 kecamatan yang mengalami kekeringan .
Menurut Kabag teknik sudarmono (12/10), penyediaan air bersih di kabupaten menurun dari 645 liter per detik menjadi 238 walaupun mengalami penurunan tapi masih mampu mencukupi wilayah dongko, untuk pelanggan air minum di dongko disuplai dari truk tangki penurunannya kurang lebih 35 persen.
Kondisi draatis ini baru satu bulan terakhir dan akan terus dipantau terus kemungkinan akan terus menurun debit air kalau belum ada hujan turun. Antisaipasi kalau debit terus turun Akan dilayani secara bergilir ungkap Kabag teknik Sudarmono
Dari 14 ribu pelanggan yang saat ini sangat kritis di daerah dongko kurang lebih 200 pelanggan baru kali ini suplai pakai tangki rata rata 5 kali per hari di wilayah dongko dengan kapasitas 4ribu liter
APDM dan BPBD bekerja sama dengan PDAM. Tpi untuk bulan Oktober ditangani semua oleh PDAM armada yang dikerahkan 10 armada tapi saat ini masih kurang. Ada upaya penambahan armada di wilayah kabupaten Trenggalek mengajukan 3 armada lagi,” tuturnya.(wek)

Tags: