Kandidat Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Mengerucut Tiga Nama

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab saat diwawancarai sejumlah wartawan, Senin pagi (01/10). [Arif Yulianto/ Bhirawa]

Jombang, Bhirawa
Perkembangan proses pengisian jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jombang kini memasuki babak baru. Setelah proses rekrutmen sampai assessmen , akhirnya Panitia Seleksi (Pansel) mengerucutkan tiga nama dari empat pendaftar.
Meski tak secara eksplisit menyebutkan nama, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyebutkan, tiga nama kandidat Sekda Jombang menegaskan telah mengerucut tiga nama untuk dikomunikasikan Gubernur Jawa Timur .
“Kan sudah di umumkan, jadi prosesnya sudah mengerucut tiga nama. Tiga nama itu akan kita (komunikasikan) kepada Gubernur sampai dengan izin menteri, untuk pelantikan, itu aja,” kata Bupati Mundjidah saat diwawancarai sejumlah wartawan usai apel peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Alun-Alun Jombang, Senin pagi (01/10).
Bupati Mundjidah Wahab juga menjelaskan, batas akhir masa jabatan Penjabat (Pj) Sekda Jombang yang saat ini dipegang oleh Iksan Gunajati bakal berakhir hingga tanggal 3 Oktober 2018.
Ketiga nama kandidat Sekda itu yang diterima oleh Pemkab Jombang itu dikirimkan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk dimintakan izin diumumkan.
“Setelah diumumkan, kemudian nanti akan kita tentukan, setelah itu kita proses nanti untuk izin pelantikan,” tandas Bupati Mundjidah.
Sementara itu, menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Jombang, Muntholip, dari ketiga nama kandidat Sekda Jombang yang telah diumumkan, nantinya akan ada kewenangan Bupati Jombang untuk memilih satu dari tiga nama tersebut.
Disebutkan oleh Muntholip, ketiga nama tersebut dua diantaranya dari Jombang dan satu dari luar Jombang. Dikatakannya, rekomendasi dari KASN sudah ‘dikantongi’ oleh Pemkab Jombang.
“Tinggal ijin Mendagri, nunggu satu yang dipilih bupati. Kewenangan beliau untuk memilih di antara tiga itu, kalau sudah dapat satu nama, nanti saya bawa ke Kemendagri untuk ijin (pelantikan),” pungkas Muntholip.(rif)

Tags: