Inginkan Letkol Purn Moch Sroedji Jadi Pahlawan Nasional

Kepala Bakorwil V Jember R. Tjahjo Widodo saat membuka sinkronisasi dan fasilitasi penyelenggaraan dengan tema “Dengan Semangat Kepahlawanan Kita Tumbuhkan Jiwa Patriotisme dan Membangun Jati Diri Bangsa yang digelar oleh Bakorwil V Jember, Senin (1/10/2018).

Harapan Masyarakat Jatim Menguat Kembali
Jember, Bhirawa
Dorongan masyarakat Jember dan Jawa Timur agar Letkol Moch. Sroedji mendapat gelar Pahlawan Nasional kembali menguat. Mereka berharap nama Leltkol Moch. Sroedji yang selama menjadi icon kepahlawan Kabupaten Jember dianugerahi Pahlawan Nasional oleh pemerintah.
Dorongan ini menjadi bahasan dalam rapat sinkronisasi dan fasilitasi penyelenggaraan dengan tema “Dengan Semangat Kepahlawanan Kita Tumbuhkan Jiwa Patriotisme dan Membangun Jati Diri Bangsa yang digelar oleh Bakorwil V Jember, Senin (1/10)
Hadir sebagai narasumber Cucu Letkol Moch.Sroedji Irma Devita Purnamasari, Mantan Bupati Jember sekaligus pengurus DHC 45 Provinsi Jatim Soerjadi Setyawan dan Kapendam V Brawijaya Kol. Inf. Singgih P.
Seperti yang disampaikan oleh Soerjadi Setyawan Pengurus DHD 45 Jawa Timur mengaku perjuangan sosok Letkol Moch. Sroedji cukup berat. Sebagai komandan wilayah Besuki. Persoalan dan problem yang dihadapi dinilai sangat berat.
“Sebagai komandan wilayah yang membawahi pasukan jelas membutuhkan pemikiran, fisik, strategi pertempuran, logistik dan sebagainya. Belum lagi penderitaan keluarga waktu itu, berjalan dimalam hari, tidak makan berhari-hari. Yang dibawa bukan tentara saja tapi banyak ibu-ibu dan anak-anak. Beratnya pimpinan sepertu itu, tapi semuanya bisa diatasi oleh beliu. Nilai perjuangannya disitu” ujarnya. Oleh karena itu, mantan Bupati Jember ini mengaku mendukung dan mendorong agar perjuangan Letkol Moch. Sroedji dapat dianugrahi gelar kepahlawanan nasional oleh pemerintah.
“Kami (DHD 45 Jawa Timur) menunggu dari sini (Jember) dan kami akan mendorong dari Jawa Timur sesuai dengan prosedur,” ujar Soerjadi kemarin.
Hal senada juga disampaikan oleh Kapendam V Barwijaya Kol Inf. Singgih Pambudi. Menurut Singgih, perjuangan Letkol Moch. Sroedji sangat erat dengan cikal bakal berdirinya Kodam di Jawa Timur. ” Kami membantu mengumpulkan bukti-bukti otentik baik secara organisatoris maupun kelembagaan tentang perjuangan beliau. Karena Letkol Moch. Sroedji ino sangat erat dengan keberadaan Kodam Brawijaya. Letkol Moch. Sroedji dulu membawahi Resimen Damarwulan, Resimen Suropati dan Resimen Tarutama yang merupakan cikal bakalnya Kodam. Dulu Kodam bernama Devisi Jawa Timur, Devisi Brawijaya dan berubah menjadi Kodam Brawijaya,” ujarnya.
Singgih mengaku, Letkol Moch.Sroedji sangat layak menyandang gelar pahlawan nasional. Karena benyak situs-situs perjuangan Letkol Moch. Sroedji di berbagai wilayah Jawa Timur dan Jember. Begitu pula data-data otentik yang dikumpulkan oleh keluarga Moch. Sroedji di Belanda.” Banyak bukti – bukti valid yang didapat oleh keluarga Letkol Moch. Sroedji tentang perjuangan dan perlawanan Letkol Moch. Sroedji yang tercatat dalam dokumen di Belanda. Belum lagi testimoni para pelaku sejarah yang menguatkan bagaimana perjungan beliau. Ini bukti otentik yang tidak terbantahkan,” ujarnya pula.

Irma Devita Purnamasari

Berharap Karakter Moch Sroedji Menginspirasi Anak Muda
Irma Devita Purnamasari cucu Letkol Moch.Sroedji mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Jember khususnya dan Jawa Timur pada umumnya yang mulai bangkit kembali semangatnya untuk menjadikan letkol Moch. Sroedji menjadi pahlawan nasional.
“Ini menunjukkan bahwa Masyarakat Jember sudah mulai bangkit rasa cinta terhadap pahlawannya atau mencari jati diri bangsanya dengan figur Moch. Sroedji. Saya atas nama keluarga besar Letkol Moch.Sroedji sangat berterima kasih kepada masyarakat Jember, sehingga dengan mengangkat Moch. Sroedji sebagai pahlawan secara otomatis mengangkat semua pahlawan yang ada dibawah kepemimpinan Moch. Sroedji secara keseluruhan dan mengangkat Jember sebagai bumi pahlawan ,” ujar Irma kepada Bhirawa kemarin.
Dari hasil pertemuan dan dorongan masyarakat ini, tandas Irma menjadi harapan besarnya, agar Moch. Sroedji menyandang gelar pahlawan.” Tinggal rekomendasi Pemkab Jember saja. Tahun 2016 kemarin sudah diajukan bersama pahlawan lainnya, Letkol Moch. Sroedji mendapatkan Bintang Maha Putra Utama dari Presiden Joko Widodo. Dengan dorongan yang kuat ini, diharapkan gelar kepahlawanan Moch. Sroedji tercapai,” pungkasnya.
Sementara, Kepala Bakorwil V Jember R.Tjahjo Widodo berharap, dalam kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan toleransi sosial dimasyarakat. Sehingga Jatidiri bangsa bisa terjaga.
“Kami sebagai lembaga (Bakorwil V Jember) ikut memfasilitasi, dan harapannya pemerintah daerah dan masyarakat mengusulkan (kepahlawanan MochSroedji). kegiatan ini mengungkap kembali, bagaimana toleransi sosial yang dibangun oleh para pejuang termasuk Letkol Moch. Sroedji. Kalau lihat perjuangan beliau, kami sangat mendukung Letkol Moch.Sroedji menjadi Pahlawan Nasional,” singkatnya. [efi]

Tags: