Hari Ini Pemkab Blitar Gelar Pilkades Serentak

Suhendro Winarso

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Hari ini Selasa( 9/10) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Blitar.
Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengatakan sebelumnya berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pemkab Blitar bersama Pemerintah Desa pelaksana Pilkades mulai tahapan awal, teknis hingga pasca pemilihan yang akan dilakukan oleh masing-masing pihak.
“Sudah sejak beberapa bulan lalu persiapan telah kami lakukan dengan Pemdes setempat, dan besok (hari ini red) tanggal 9 Oktober sudah dilaksanakan pemilihan secara langsung di semua Desa yang melaksanakan Pilkades,” kata Suhendro Winarso.
Lanjut Suhendro Winarso, pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2018 ini dilakukan di 31 Desa dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Blitar. Bahkan pasca pelaksanaan Pilkades jika ada hal-hal yang dianggap merugikan Calon Kepala Desa, Pemkab Blitar akan memberi waktu tiga hari bagi yang mengajukan gugatan Hasil Pilkades serentak 2018.
Karena pada hari pencoblosan akan langsung dilakukan penghitungan surat suara sehingga bisa langsung diketahui Calon Kades dengan perolehan suara terbanyak atau Calon Kades terpilih siapa nantinya.
“Sesuai dengan aturan yang ada, jika nantinya ada Calon Kades yang merasa keberatan atau tidak terima dengan hasil penghitungan surat suara maka bisa mengajukan gugatan kepada panitia penyelenggara,” jelasnya.
Dalam penyampaian gugatan keberatan ini, diterangkan Suhendro, pihaknya akan memberikan batasan waktu yang diberikan selama 3 hari yakni pasca dilakukan pencoblosan yakni mulai tanggal 9 sampai 11 Oktober.
“Jika nantinya Calon Kades ada yang keberatan, sesuai dengan aturan ada 3 hari penyampaian laporan, sehingga kami juga berharap pelaksanaan Pilkades serentak ini berjalan lancar, aman dan damai,” ujarnya.
Selain itu sesuai dengan mekanisme Panitia Penyelenggara diberikan waktu maksimal selama satu minggu kedepan untuk menyelesaikan hasil total penghitungan surat suara yang dibuktikan dengan berita acara hasil pelaksanaan Pilkades di masing-masing Desa. Kemudian hasilnya disetorkan ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan BPD akan teruskan ke Kecamatan.
“Dari Kecamatan nantinya akan diberikan ke Bupati Blitar untuk diproses penetapan Kades terpilih hingga persiapan pelantikan,” terangnya.
Tambah Suhendro, sesuai dengan rencana Pemerintah Kabupaten Blitar akan melaksanakan pelantikan Kades terpilih pada tanggal 27 Desember 2018 mendatang.
Anggota DPRD Kabupaten Blitar, Abdul Munib, SIP berharap Pemkab Blitar untuk mengawasi serta memdampingi secara langsung secara detail tahapan serta mekanisme pelaksanaan Pilkades secara serentak di Kabupaten Blitar, dimana ini dilakukan agar Panitia Penyelenggara mudah mendapatkan informasi penting serta meminimalisir kekeliruan pelaksanaan yang dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.
“Kami berharap semua berjalan lancar, sukses, aman dan kondusif, dimana Pemkab Blitar juga harus benar-benar mengawasi serta mendampingi Desa yang melaksanakan Pilkades serentak ini,” kata Abdul Munib. [htn]

Tags: