Ahmad Dhani Ditetapkan Tersangka Dugaan Kasus Pencemaran Nama Baik

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera update penyidikan kasus yang menimpa Ahmad Dhani, Kamis (18/10). [abednego/bhirawa]

Polda Jatim, Bhirawa
Polda Jatim menetapkan Ahmad Dhani Prasetyo sebagai tersangka dugaan pencemaran nama baik. Penetapan tersangka pada musisi asal Surabaya itu terkait dugaan ucapan kata idiot yang menyinggung salah satu unsur massa pengunjuk rasa menolak deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya beberapa waktu lalu.
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, Polda Jatim telah memeriksa Ahmad Dani terhadap dugaan kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan beberapa komponen masyarakat.
“Polda Jatim mengambil langkah untuk melakukan pemeriksaan dari beberapa ahli bahasa dan para ahli yang lain, kemudian memeriksa saksi-saksi yang lain. Sehingga kita telah menetapkan yang bersangkutan (Ahmad Dhani, red) sebagai tersangka. Dengan pemeriksaan itu, kita menyimpulkan dan masuk kepada pemanggilan yang bersangkutan sebagai tersangka,” kata Kombes Pol Frans Barung Mangera, Kamis (18/10).
Suami Mulan Jameela itu dipersangkakan Pasal 28 Ayat (2) Jo 45A ayat (2) dan atau 27 Ayat (3) serta Pasal 45 ayat (3) Undang undang Nomor 19 Tahun 2016. Dan sesuai jadwal, harusnya Ahmad Dhani diperiksa Kamis kemarin dengan status sebagai tersangka.
“Hari ini (Kamis kemarin, red) dengan alasan yang tidak diketahui, dan sesuai yang disampaikan penyidik, bahwa yang bersangkutan ingin menunda pemeriksan dengan tidak ada alasannya. Sehingga yang bersangkutan tidak ada di Polda Jatim, sesuai dengan alasan yang disampaikan oleh pengacaranya,” jelasnya.
Barung menegaskan, dalam kasus ini Polda Jatim tetap akan melakukan pemanggilan lagi, tentunya statusnya sama, yakni sebagai tersangka. Pemanggilan itu, lanjut Barung, sudah dilayangkan kemarin untuk pekan depan. “Kami akan tetap melakukan pemanggilan, sesuai dengan yang ditetapkan Undang-undang kepada penyelidik maupun penyidik kepolisan,” tegasnya.
Adakah pencekalan terhadap Ahmad Dhani, Barung mengaku hal itu belum ada. Menurutnya, selama ini Dhani pro aktif, walaupun tidak ada alasan minta ditunda sampai kapan, atau ditundanya mau di mana.
“Ditunda sampai kapan, mau di mana, dengan apa, tidak dijelaskan, sehingga kami masih memanggil untuk dilakukan pemeriksaan selanjutnya. Per hari ini (Kamis kemarin, red kita sudah memanggil yang bersangkutan sebagai tersangka, namun tidak datang dengan alasan tidak jelas,” pungkasnya.
Seperti diketahui, pentolan Band Dewa 19 itu dilaporkan Koalisi Bela NKRI karena dalam vlog yang diduga menyebut kelompok penolak deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya pada 26 Agustus lalu dengan kata-kata idiot. [bed]

Tags: