Usul 900, Pemkot Mojokerto Hanya dapat Kuota 248 Formasi CPNS

Endri Agus Subianto

Kota Mojokerto, Bhirawa
Meski tidak sesuai dengan yang diusulkan, namun kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Pemkot Mojokerto Mojokerto patut disyukuri. Dari jumlah 900 formasi yang diusulkan, ternyata Pemkot Mojokerto mendapatkan alokasi kuota CPNS sebanyak 248 formasi.
Akhir pekan lalu, banyak dikabarkan dibukanya rekruitmen CPNS oleh pemerintah pusat. Bahkan, kuota secara Nasional dikatakan pula telah ditetapkan. Jumlahnya mencapai ratusan ribu formasi. Yang mana dominasi formasi dari bidang ketenagaan kependidikan dan kesehatan.
’’Kuota CPNS Sudah dapat 248 (formasi),’’ jawab Endri Agus Subianto, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Mojokerto.
Kuota bagi Kota Mojokerto itu merupakan jumlah formasi yang diberikan oleh pemerintah pusat.
Jumlah kuota itu masih jauh dari usulan kebutuhan pegawai Pemkot. Secara resmi, Pemkot Mojokerto mengajukan sebanyak 900 formasi. Jumlah itu didasarkan angka kebutuhan pegawai Pemkot. Dimana, jumlah tersebut dihitung dari jumlah instansi dengan kebutuhan pegawai.
Endri Agus menyebutkan, kalangan tenaga honorer dipersilahkan mengikuti rekruitmen CPNS yang dibuka Pempus tahun ini. Mereka, kata Endri, mendapat perlakukan dan kesempatan yang sama seperti pelamar yang lain. Hanya saja, ada persyaratan usia pelamar dari kalangan honorer. ’’Diperlakukan sama. Juga ikut tes dengan batas usia 35 tahun,’’ sebut dia
Diketahui, sejak tiga tahun terakhir Pemkot tidak pernah menggelar rekruitmen CPNS. Sejak rekruitmen CPNS melalui seleksi honorer K2 dan umum lalu, tidak ada rekruitmen CPNS lagi. Sedangkan, jumlah pegawai Pemkot terus berkurang setiap tahunnya.
Disinggung terkait jumlah total honorer di lingkup Pemkot, pihaknya belum bisa menjawab. Lantaran, data tersebut berada di kantornya. Namun demikian, pihaknya menyebutkan ketentuan syarat rekruitmen dari kalangan honorer tersebut dibuat pemerintah pusat. ’’Aturan rekruitmen dibuat pemerintah pusat,’’ tandas pria asal Batu ini.
Untuk diketahui, usulan Pemkot rekruitmen CPNS tahun ini sebanyak 900 formasi. Per 1 Mei 2018, jumlah PNS Pemkot sebanyak 2.755 pegawai. Plus, CPNSD sebanyak 8 pegawai sehingga total 2.733 pegawai. Sebanyak 508 adalah pejabat struktural dan 918 adalah jabatan fungsional umum.
Dari komposisi pegawai Pemkot, paling banyak dihuni jabatan fungsional yang terdiri dari kalangan guru sebanyak 771 pegawai dan perawat 242 pegawai. Disusul kemudian bidan sebanyak 81 pegawai, dokter 57 pegawai, dan lain-lain. [kar]

Tags: