Sukamto: Masyarakat Diharapkan Aktif Dalam Perangi Rokok Ilegal

Sekretaris Diskominfo, Sukamto ketika memberikan sambutan pada giat sosialisasi ketentuan Cukai Rokok ilegal tahun 2018

Lumajang, Bhirawa
Rokok ilegal dinilai sangat merugikan pendapatan Negara dari pita cukai. Masyarakat , diharapkan ikut serta memerangi peredaran rokok illegal yang dikhawatirkan telah menyasar ke para pedagang.
Masyarakat diminta segera melaporkan kepada aparat untuk ditindak jika mengetahui peredaran rokok illegal.
Upaya perangatas barang illegal terutama rokok dilakukan Pemkab Lumajang dengan mengajak para pedagang, para RT dan RW untuk bersama sama dalam memberantas rokok ilegal tersebut, yang digelar pada Sosialisasi ketentuan Cukai Rokok Tahun 2018 di Aula Hotel GM Lumajang (13/9).
Giat sosialisasi yang dibuka oleh Sekretaris Diskominfo Lumajang, Sukamto, tersebut dilanjutkan dengan membacakan sambutan tertulis Sekda Lumajang yang intinya adalah mengajak masyarakat melalui perangkat desa maupun para pedagang dapat memahami adanya peredaran rokok ilegal dan bagaimana menyikapi terkait peredaran rokok tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku di negara ini.
“Adanya peredaran rokok ilegal di masyarakat membuat Pemerintah Kabupaten Lumajang perlu melakukan sosialisasi, khususnya kepada pedagang rokok,” ujarnya.
Lebih lanjut dijelaskan bahwa sesuai dengan UU No. 39 tahun 2007, keberadaan rokok ilegal dibagi dalam 5 kategori, diantaranya peredaran rokok polos (tanpa pita cukai), rokok menggunakan pita cukai palsu, Rokok menggunakan pita cukai bekas, Rokok yang menggunakan pita cukai bukan haknya, dan Rokok yang menggunakan pita cukai yang bukan peruntukanya.
Sementara itu, menurut Kabid Informasi Publik pada Diskominfo Kabupaten Lumajang, Wahyuning Indriasih, menjelaskan bahwa sosialisasi tersebut dinilai sangat penting untuk dilakukan, agar peredaran rokok ilegal ada di masyarakat dapat ditekan sedini mungkin.
“Harapan kami setelah mengikuti sosialiasi, kami berharap bapak,ibu semua dapat membatu kami untuk melakukan pembatasan rokok ilegal di masyarakat,” jelasnya.
Pada kegiatan itu, datang sebagai narasumber pada sosialisasi tersebut, yaitu Bambang Sutejo, Kasi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan dari KPPBC TMP C Probolinggo, dan dihadiri para peserta yang terdiri dari Ketua RT/RW dan Pedagang Rokok di Kelurahan Citrodiwangsan Kecamatan Lumajang yang berjumlah sekitar 100 orang.(Dwi)

Tags: