Rumah Terbakar, Nenek Lumpuh Tewas di Kabupaten Nganjuk

Polisi yang dibantu warga berusaha memadamksn spi ysng membakar rumah warga Desa Wates, Tanjunganom.(ristika)

Nganjuk, Bhirawa
Angka kebakaran di Kabupaten Nganjuk akhir-akhir ini meningkat tajam. Kejadian kebakaran terakhir menewaskan Sumilah (80) warga Desa Wates Kecamatan Tanjunganom.
Informasi yang dihimpun Bhirawa menyebutkan, kebakaran itu terjadi sekira pukul 20.30 wib, setelah salah satu saksi yang berada di sekitar lokasi terjadinya kebakaran, mengetahui kepulan asap yang keluar dari atap rumah korban. Mengetahui hal tersebut, saksi meminta pertolongan warga lainnya untuk membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya, serta memanggil pihak Kepolisian dan pemadam kebakaran.
Selanjutnya, dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan, guna memadamkan sisa api yang masih menyala di reruntuhan bangunan rumah. Meski api berhasil dipadamkan, namun pemilik rumah harus kehilangan nyawa, sementara kondisi rumah sudah dalam kondisi rata dengan tanah. Mayat korban ditemukan dibawah tumpukan rumah yang terbuat dari kayu dan bambu.
Diduga, penyebab terjadinya kebakaran rumah itu, berasal dari lampu teplok milik korban yang menggunakan bahan bakar solar. Teplok itu diduga terjatuh saat dinyalakan, sehingga percikan api mengenai badan korban serta barang yang mudah terbakar lainnya.
Menurut saksi mata, Anang Sodiqin warga setempat mengatakan, sudah lebih dari 15 tahun ini, nenek sumilah tinggal sendirian, karena anak-anaknya tinggal di tempat lain. Kondisi korban yang sudah renta menyebabkan korban tidak mampu menyelamatkan diri dari kobaran api.
“Korban ini tinggal sendirian di rumahnya. Selama ini belum ada listrik jadi setiap malam korban menggunakan lampu teplok untuk penerangan. Kondisi korban juga sudah renta, tidak mampu berjalan,” kata Anang.
Tim identifikasi Polres Nganjuk yang datang di lokasi kejadian, langsung melakukan olah tempat kejadian perkara. Sementara, tubuh korban yang hangus terbakar, dibawa ke Rumah Sakit Bhayangakara Nganjuk untuk keperluan otopsi.(ris)

Tags: