PKK Kabupaten Sidoarjo Sosialisasikan Bahaya Kanker Serviks

Ida Nur Achmad. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Tim Penggerak PKK Kab Sidoarjo rutin menggelar sosialisasi terkait bahaya kanker Serviks atau kanker leher rahin, yang kerap dialami kaum hawa. Sosialisasi diberikan terhadap para anggotanya baik di tingkat kabupaten, tingkat kecamatan maupun di tingkat desa.
Wakil Ketua I TP PKK Kab Sidoarjo, Ny Ida Nur Ahmad Syaifuddin yang juga istri Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin ini mengatakan, sosialisasi sangat bagus untuk mendeteksi sejak dini dengan munculnya gejala-gejala kanker leher rahim yang juga sangat banyak merengut nyawa kaum Hawa ini.
”Penyakit ini dapat disembuhkan apabila diketahui sejak dini. Cara mengetahui penyakit ini juga sangat sederhana. Yakni tes melalui 4 A atau Inspeksi Visual dengan Asam Asetat ke tempat pelayanan kesehatan,” kata Ny Ida, belum lama ini, dihadapan 250 anggota PKK Kab Sidoarjo, di Delta Nugraha.
Sementara itu, Dr Wasis Nupikso, SpOG selaku nara sumber yang dihadirkan mengatakan, penyakit kanker Serviks masih menjadi pembunuh wanita paling banyak di dunia. Selain kanker Serviks, kanker payudara juga menjadi momok bagi para wanita.
Dua kanker ini, kata dokter kandungan di RSUD Sidoarjo itu banyak ditemui kasusnya didunia. Posisinya menempati peringkat ketiga di dunia. ”Penyakit ini memang banyak ditakuti, tidak hanya di Indonesia namun juga didunia,” terang, Dr Wasis.
Menurut Dr Wasis, pasien yang dihinggapi kanker Serviks selalu terlambat melakukan pengobatan. Kebanyakan dari mereka sudah stadium lanjut baru datang ke RS. ”Sekitar 70% yang datang ke dokter untuk berobat sudah pada stadium lanjut, maka dengan test 4A secara dini, bisa mencegah penyakit ini,” ungkapnya.
Dokter kandungan ini membahkan, penyakit kanker serviks dapat dicegah. Di Indonesia penyakit kanker Serviks menempati urutan nomer satu yang banyak ditemui.
Sehingga Dr Wasis meminta para ibu yang melakukan pemeriksaan kanker Serviks agar tidak perlu takut dengan hasil pemeriksaannya. Dengan diketahui penyakitnya sedini mungkin justru pengobatan kanker serviks dapat maksimal. [kus]

Tags: