Pendaftaran Penerimaaan CPNS Bondowoso Dibuka 19 September

Bondowoso, Bhirawa
Pendaftaran penerimaaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) 2018 akan dibuka pada 19 September 2018 mendatang.
Menurut Plt Sekda Bondowoso Drs H Karna Suswandi MM, Kabupaten Bondowoso menerima jatah formasi penerimaan CPNS sebanyak 296.
“Dari jumlah formasi tersebut dibagi lagi menjadi dua formasi, yakni khusus dan umum,” katanya.
Untuk formasi khusus, mendapat kuota 135, dengan rincian 117 orang untuk pegawai K2, calon pelamar yang lulus cum laude sebanyak 15 orang, serta bagi pelamar penyandang disabilitas tiga orang.
“Jadi total setelah dikurangi formasi khusus, untuk Kabupaten Bondowoso, formasi umumnya sisa 161,” ucapnya kemarin.
Walaupun ada dua formasi, semua pelamar tetap harus mengikuti tes. Hanya saja, setelah lulus tes untuk formasi khusus, tidak perlu mengikuti seleksi kemampuan bidang.
“Melainkan hanya mengikuti tes seleksi kemampuan dasar saja,” paparnya.
Sedangkan untuk formasi yang umum, harus mengikuti tes kemampuan bidang setelah mengikuti kemampuan dasar.
Karna menambahkan, bahwa pendaftarannya dilakukan secara online, melalui portal resmi SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional).
Sementara pengumuman seleksi administrasi pada 16 September 2018. Sementara bagi pendaftar yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi, akan mengikuti test pada 20 Oktober. Sementara pengumumannya pada 30 November 2018.
“Masyarakat harus berhati-hati, dan tidak mudah percaya jika ada oknum-oknum tak bertanggung jawab, yang mengiming-imingi bisa mengatur kelulusan dengan imbalan tertentu,” imbaunya.
Terlebih lagi, sistemnya sekarang menggunakan CAT-BKN (Computer Assissted Test) . “Jadi kalau mau lulus, harus dengan kemampuan sendiri,” ucapnya.
Kesempatan Pendaftaran Tes penerimaaan CPNS 2018, pada 19 September 2018 mendatang, harus dimanfaatkan dengan baik, dengan melakukan persiapan yang matang.
Karna juga menambahkan jika bagi yang usianya di atas 35 tahun, tidak akan pernah bisa mendaftar sebagai peserta CPNS.
Menurutnya, salah satu persyaratan penerimaan CPNS, baik formasi khusus dan umum, harus berusia maksimal 35 tahun, per tanggal 1 Agustus 2018.
“Sebenarnya kasihan nasib K2 yang berusia lebih dari 35 tahun,” katanya.
Banyak daerah yang sudah mempertanyakan itu saat rapat koordinasi penerimaan CPNS secara nasional. Tapi, pemerintah pusat tetap pada kebijakannya, bahwa tak boleh lebih dari 35 tahun.
“Nanti solusinya adalah mereka akan dimasukkan dalam P3K. Jadi mereka bekerja dengan perjanjian kerja,” terangnya. [har]

Tags: