Pembelajaran Ciptakan Suasana Kelas Nyaman

Salah satu narasumber saat memberikan sosialisasi penguatan kelembagaan PAUD dan TK di Bakorwil Bojonegoro. [achmad basir]

Bojonegoro, Bhirawa
Menciptakan suasana kelas dalam pembelajaran bagi anak usia dini sangat dibutuhkan. Pasalnya dengan suasana yang nyaman dan baik anak didik bisa lebih mudah memahami setiap materi yang disampaikan oleh gurunya.
Oleh karena itu, DPD Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Provinsi Jawa Timur hadir membahas perihal tersebut sekaligus sebagai upaya sosialisasi penguatan kelembagaan PAUD dan TK di Wilayah Bakorwil Bojonegoro, di Ruang Mliwis Bakorwil setempat, Selasa (18/9).
Pada kesempatan itu, hadir Praktisi Pendidikan anak sekaligus pengurus DPD GOPTKI Jawa Timur Miatin sebagai nara sumber utama, selain itu pada pertemuan itu juga seluruh pengurus kelembagaan juga dberikan wawasan tentang penguatan kelembaggan pendidikan anak usia dini.
Saat ditemui usai acara Miatin mengatakan, pembelajaran anak usia dini dijawa timur mulai bagus, dimana fokus guru hanya mengarahkan anak didiknya bisa meraih apa yang diinginkan, tidak hanya itu guru juga dituntut lebih banyak inovasi dalam memberikan materi pembelajaran.
“Ya saat ini pembelajaran TK sudah pakai K-13 sehingga implementasi itu lebih banyak fokus kekreativitas anak didik,” terangnya. Lanjut Miatin, guru TK saat ini lebih bisa memanfaatkan lingkunga sekitar sekolah anak untuk model pembelajarannya, namun itupun harus melihat apa yang bakal dijadikan tema materi pembelajaran yang bakal disampaikan. Disisi lain keberadaan lembaga Paud dan TK di Jatim saat ini jumlahnya kian banyak, bahkan lembaga itu perlu ada akreditasi guna menstandarkan lembaga pendidikan.
“Untuk tahun 2018 ini ada 20 ribu lembaga paud yang akan akreditasi,” imbuh Nuryanto selaku, ketua penyelenggara kegiatan.
Adapun dalam akreditasi kelembagaan itu, ada 8 kriteria yang menjadi penilaian diantaranya meliputi mulai dari sarana dan prasarana, tenaga pendididik dan beberapa persyaratan lainnya. Sehingga saat penilaian nanti Badan Akrditasi Nasional (BAN) bisa memberikan predikat kelembaggan terebut Kategori A,B maupun C. [bas]

Tags: