Pembangunan Embung Solusi Atasi Kekeringan di Kabupaten Sampang

Pembangunan Embung di Desa Palenggiyan Kabupaten Sampang.

Sampang, Bhirawa
Kekurangan air saat musim kemarau menjadi rutinitas setiap tahun, Kondisi tersebut membuat Warga Desa Palenggiyan, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, mengusulkan pembangunan Embung sebagai wadah tadah air hujan dan bisa dimanfaatkan pada musim kemarau.
Dalam pelaksanaan pembangunan embung, warga saling bahu membahu membangun sistem pengairan embung dari alokasi dana desa (DD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes) TA 2018″.Terang Khoiri Kepala Desa Palenggiyan. Minggu (30/9)
Lanjut Kepala Desa, pembangunan Embung ini dilakukan secara padat karya, artinya tidak melibatkan kontraktor. Seluruh pembangunan Eilakukan oleh masyarakat, kami berharap bisa benar-benar bermanfaat pada warga untuk memenuhi kebutuhan air baku, binatang ternak dan pertanian saat musim kemarau.
“Adanya bantuan dana desa dari pemerintah ini sangat membantu sekali, terhadap pembangunan infrastruktur yang berada Di Desa, selain itu kami berharap masyarakat desa bisa saling menjaga dan memelihara pembangunan infrastruktur yang ada”.terang.
Sementara Muhaimin selaku PLD Desa Palenggiyan, pembangunan Embung ini terletak, di Dusun Tebbas, Desa Palenggiyan, dengan volume 5.00 x 18.00 x 2.00 M, dan berdasarkan sumber Dana Desa TA. Rp. 158.306.750, itu dilakukan secara transparan dan dilaksanakan secara padat karya warga setempat.
Pemanfaatan masyarakat melalui program padat karya sangat efektif untuk penggunaan Dana Desa. Penggunaan program padat karya ini sangat baik sehingga masyarakat bisa lebih terberdayakan.Jelas Muhaimin.
Secara geografis Kecamatan Kedungdung, termasuk Desa Palenggiyan, kendaa yang dihadapi adalah minimnya ketersediaan air yang cukup unuk pertanian dan peternakan pada saat kemarau, sehingga salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah membangun embung berskala kecil dan sedang, hal itu juga sejalan dengan program prioritas Dana Desa (DD), untuk memanfaatkan dana desa membangun embung atau infrastruktur pertanian di desa.(lis)

Tags: