Pelari Nasional dan Internasional Meriahkan Lomba Lari LUSI 10K

Para atlet-atlet pelajar sudah mendaftar dan siap mengikui LUSI 10K.

Sidoarjo, Bhirawa
Lomba lari ‘Lumpur Sidoarjo 10 Kilometer’ atau LUSI 10K yang bakal dilaksanakan pada tanggal 30 September 2018. Ternyata antusias pesertanya sangat luar biasa, membludak melebihi dari target yang telah ditentukan. Peserta ditargetkan 2.000 pelari, namun hingga Rabu (26/9) sudah terdaftar sekitar 3.400 peserta.
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar ) Kabupaten Sidoarjo Drs. Joko Supriyadi mengaku tidak menyangka kalau animo masyarakat sungguh luar biasa. Terbukti hingga hari ini sudah melebihi target yang telah ditentukan. Menariknya lagi, mereka yang daftar bukan atlet-atlet lari lokal, tetapi tingkat nasional bahkan internasional juga ikut meramikan LUSI 10 K ini.
“Termasuk juga para atlet Pelatnas, Asian Games, juga dari unsur TNI/Polri maupun pelajar,” jelas Joko Supriyadi.
Menurutnya, kegiatan ini bukan tingkat nasional, melainkan tingkat Internasional. Atlet Asian Games yang telah mendaftar diantaranya Jauhari Johan dari Palembang, Yulianiningsih dari Blitar, Apriana Pajiono dari Kupang, termasuk juga pelari nasional Olivia Sadi, sementara yang dari luar negeri adalah Tariku Damelash Abare dari Ethiopia yang akan mengikuti di kelas Elit Atletik.
Sementara route yang dilintasi start di exit tol lama Desa Besuki, Dukuhsari, Tambak Kalisogo, Kupang, Balongtani, Jemirahan dan finish di depan Kantor Kecamatan Jabon, Sidoarjo. Adapun hadiah yang diberikan ada tiga ketegori, yakni Pelajar Putra/Putri, Umum Putra/Putri dan Elit Atlet, dengan total hadiah sekitar Rp 275 juta.
Jadi tujuan kegiatan ini adalah untuk mempromosikan wisata Sidoarjo, terutama wisata LUSI nya. Karena destinasi wisata LUSI ini sebagai juara ketiga dalam ‘Anugerah Pesona Indonesia 2017’ dengan kategori obyek wisata unik terpopuler. “Kami berharap kegiatan ini bisa berjalan lancar dan sukses,” harapnya. [ach]

Tags: