Lestarikan Budaya Nusantara, Pemkab Bondowoso Gelar Festival Zavin

Bupati Bondowoso Drs H Amin Said Husni saat memberi sambutan dalam acara Festival Zavin. [Samsul Tahar]

Bondowoso, Bhirawa
Upaya Pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk melestarikan budaya Nusantara terus dilakukan. Masih rangkaian agenda tahunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, Festival Muharram (Fesmuh) yang ke-10, konser Zafin kembali digelar memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah.
“Ini malam terakhir saya menjadi Bupati Bondowoso. Sebelumnya saya rasa gebyar zafin 2017 merupakan yang terakhir yang kita laksanakan. Ini berkah bagi kita semua karena zafin masih dilaksanakan tahun ini. Lagu gambus memang sudah bersama saya bahkan sejak tahun 2008,” tutur Bupati Amin Said Husni di Pendopo Kabupaten Bondowoso.
Suasana Pendopo Kabupaten Bondowoso menjadi semakin semarak dengan lantunan Zafin dan lagu gambus asyik ditambah lagi suara Bupati Amin dan Komandan Kodim (Dandim) 0822 Tarmudji yang turut menyumbangkan lagu dan bernyanyi.
Kemudian Bupati Amin mempersilahkan kepada seluruh masyarakat pecinta Zafin yang hadir untuk bernyanyi dan berjoget ria. Konser itu dimeriahkan musisi musik gambus An-Nasiin. Ia bersyukur antusias masyarakat untuk memriahkan festival muharram 2018 sangat luar biasa.
“Mari kita semarakkkan festival muharram 2018, dan mari kita nikmati gebyar zafin sampai pagi,” pungkas Bupati Bondowoso dua periode yang berhasil menorehkan keberhasilan pembangunan-pembangunan di Kabupaten berjuluk Republik Kopi ini.
Sebagaimana diketahui, Festival Muharram Bondowoso yang akan ditutup pada tanggal 20 September ini dalam rangkaian acaranya tidak hanya menjadi ajang promosi produk dan potensi Bondowoso, tetapi juga menjadi ajang untuk melestarikan budaya Nusantara yang juga digandrungi masyarakat Bondowoso.
HM Hasyim Husnan salah satu tokoh Bondowoso pecinta zafin mengungkapkan jika banyak masyarakat Bondowoso yang menyukai Budaya ini karena mengandung nilai Islami dengan perpaduan musik dan lagu islami.
“kami bersyukur Bupati Amin Said Husni sejak awal menjabat menggelar acara zafin, semoga dilanjutkan oleh Bupati yang akan datang,” katanya. [har]

Tags: