Jaga Kondisifitas Pemilu 2019, Polres Tulungagung Pantau Medsos

Kapolres Tofik Sukendar memeriksa kondisi motor Babinkantibmas dalam apel gelar pasukan untuk pelaksanaan Pemilu 2019, Rabu (19/9).

Tulungagung, Bhirawa
Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar SIK, akan kembali memantau media sosial dalam perhelatan Pemilu 2019. Akun media sosial masih menjadi momok ketertiban masyarakat selama pelasanaan hajatan demokrasi.
Sebagai bukti, Kapolres menyebut pihaknya dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 lalu, Polres Tulungagung telah membekukan setidaknya 200 akun media sosial (medsos) yang dinilai dapat mengganggu ketertiban masyarakat.
Penegasan ini disampaikan Kapolres Tofik Sukendar seusai kegiatan upacara apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2018 yang dilangsungkan di halaman Kantor Bupati Tulungagung, Rabu (19/9).
“Ada sekitar 200 akun media sosial yang dibekukan saat Pilkada Serentak 2018 lalu. Media sosialnya macam-macam, ada facebook, twiter dan lainnya,” katanya.
Ia berharap dalam pelaksanaan Pemilu 2019 kondisi Tulungagung dapat kembali aman dan kondusif seperti pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Apalagi sampai saat ini peta kerawanan di kabupaten dengan ikon marmer tersebut terdeteksi masih aman dan kondusif.
“Seperti saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 lalu kondisi Tulungagung masih aman terkendali. Semua kecamatan juga kondusif. Tulungagung tergolong (daerah) kondusif,” paparnya.
Selanjutnya perwira menengah polisi ini menyatakan untuk pengamanan Pemilu 2019 tidak jauh berbeda dengan pengamanan saat Pilkada Serentak 2018. Perbedaannya hanya pada komando operasi dan anggaran yang terpusat dan seluruhnya dari Mabes Polri.
Sedang soal personil yang dilibatkan dalam pengamanan Pemilu 2019, Kapolres Tofik Sukendar mengungkapkan selain anggota kepolisian, juga melibatkan anggota dari POM TNI, Kodim 0809 Tulungagung, Pemkab Tulungagung dan Linmas.
“Personel yang dilibatkan semuanya ada 300 personil. Kami sudah siap dalam pengamanan Pemilu 2019 dengan dibackup penuh oleh TNI,” tandasnya. (wed)

Tags: