Ikatan Sarjana NU Dampingi Tingkatkan Mutu Madrasah

Dr Sholehuddin saat memberikan materi kepada para kepala dan guru madrasah di Sidoarjo.

Sidoarjo, Bhirawa
Agar mutu madrasah di wilayah Sidoarjo berkembang lebih baik. Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU) bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Ma’Arif NU Sidoarjo melakukan pendampingan kepada madrasah agar kualitasnya terus mengalami peningkatkan.
Kegiatan yang dikemas dalam workshop ‘Pengembangan Mutu Madrasah’ serta Membedah Visi Misi Menuju Madrasah Unggul, tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kementerian Agama Sidoarjo Muhammad Rofi’i, Kamis(13/9).
Ketua ISNU Sidoarjo Dr Sholehuddin, M.Pdi mengatakan kalau kegiatan ini merupakan inovasi baru, akan kita petakan bagaimana sekolah-sekolah madrasah yang dibawah standar itu yang kita angkat, yang kita lakukan pendampingan. Sementara yang sudah di atas standar kita tata sedemikian rupa, agar bisa memberikan contoh kepada madrasah yang lainnya.
“Sekolah madrasah unggulan itu kita jadikan mitra. Harapan saya di setiap kecamatan itu ada satu atau lebih madrasah-madrasah unggulan,” harap Sholehuddin.
Seiring dengan banyaknya siswa di lingkungan lembaga pendidikan LP Maarif Sidoarjo yang menorehkan prestasi di tingkat internasional. ISNU Sidoarjo ingin menularkan semangat prestasi itu ke sejumlah sekolah milik lembaga Ma’arif yang ada di Sidoarjo. Nantinya akan ada pendampingan pada sejumlah madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikannya.
“Karena selama ini beberapa sekolah unggulan milik NU hanya terpusat di tengah kota saja,” katanya.
Saat ini masih ada lima Madrasah unggulan yang telah menjadi mitra ISNU Sidoarjo. Nantinya kelima Madrasah tersebut akan menjadi desiminasi bagi sekolahan lainnya, agar bisa menjadi contoh dalam pengembangan mutu pendidikan. Di Sidoarjo sekarang ini terdapat sekitar 600 madrasah, dan masing-masing dari madrasah memiliki potensi tersendiri. “Sehingga perlu ada kajian untuk menggali potensi tersebut, agar bisa menjadi unggulan dalam peningkatan mutu pendidikan,” tegas Kepala Kemenag Sidoarjo Muhammad Rofi’i. [ach]

Tags: