Dinas Pertanahan Berhasil Sertifikatkan 592 Aset Tanah Pemkab Gresik

Rombongan dari Pemkab Banjar, Kalimantan Selatan saat diterima Kadis Pertanahan, Ahmad Nuruddin. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik, Bhirawa
Dinas Pertanahan Kab Gresik berhasil mendata dan mensertifikasi tanah asset Pemkab Gresik sebanyak 592 bidang. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanahan Kab Gresik, Achmad Nuruddin saat menerima kunjungan kerja rombongan dari Pemkab Banjar Kalimantan Selatan, Kamis (27/9) kemarin.
Jumlah ini tersebar di empat kecamatan masing-masing Kec Kedamean, Benjeng, Balongpanggang dan Duduksampeyan. ”Jumlah ini terbilang masih kecil dibandingkan seluruh total asset tanah milik Pemkab Gresik yang sebesar 1.643 bidang. Jadi masih ada 1.057 bidang yang belum kami selesaikan,” tandas Nuruddin saat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat, Indah Sofiana menerima rombongan di Ruang Puteri Cempo Kantor Bupati Gresik.
Selain mensertifikasi tanah asset Pemkab Gresik, Achmad Nuruddin, mengaku berhasil juga ikut serta dalam pembebasan lahan dan pengadaan lahan berbagai proyek di wilayah Gresik. ”Meski kami Dinas dengan kategori C, tapi kami sempat menasional terutama saat pembebasan lahan jalan Duduksampeyan dan lahan Jembatan Sembayat,” tandas Achmad Nuruddin.
Memang, menurut Kepala Dinas Pertanahan setempat Ir Mursal MT, Dinas yang dipimpinnya adalah Dinas bertype B yaitu Dinas dengan seorang sekretaris Dinas dan tiga Kepala Bidang. Sedangkan Dinas pertanahan Gresik bertype C yang mempunyai seorang sekretaris dan dua bidang.
”Kunjungan kami ini bertujuan untuk belajar lebih banyak kepada Dinas Pertanahan Gresik. Meski terbilang sama-sama baru, namun Dinas Pertanahan Gresik lebih banyak melaksanakan kegiatan yang besar,” katanya.
Dikunjunginya Dinas Pertanahan Gresik sebagai jujukan study banding karena keterbatasan jumlah Pertanahan yang ada di Indonesia itu sangat sedikit, yang katanya tak sampai 10 instansi se Indonesia. Di Jatim saja hanya ada Malang dan Gresik. Yang lain menyatu dengan dinas dan badan. Hal ini disampaikan Asisten I, Indah Sofiana. [eri]

Tags: