UM Pertahankan Juara Umum MTQ-M Regional V Jatim

Universitas Malang (UM) saat menerima piala juara umum ke dua dalam MTQ-M Regional V yang digelar di Universitas Jember, kemarin.

Jember, Bhirawa
Universitas Negeri Malang juara umum dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasisa (MTQ-M) Regional Jatim V 2018 yang digelar di Universitas Jember (Unej). Dengan raihan ini, UM berhasil mempertahankan predikat juara umum kedua dengan menyabet sebelas gelar, yang terdiri dari sembilan gelar juara pertama, dan dua gelar juara kedua, dari berbagai cabang lomba.
Sementara, Unej sebagai tuan rumah hanya meriah juara pertama cabang musabaqah Khaththil Qur’an atas nama Intan Dwi Masrullah, dan juara ketiga cabang lomba musabaqah Hifzhil Qur’an 5 juz yang direbut oleh Faisal Amjad Adi P. Keduanya adalah mahasiswa FISIP.
Keberhasilan Unej meraih dua gelar patut disyukuri, pasalnya pada hajatan MTQ-M Regional IV Jawa Timur di Universitas Trunojoyo Madura dua tahun lalu, kafilah Kampus Tegalboto sempat absen.
“Alhamdulillah kita dapat dua gelar. Semula kita berharap dapat gelar dari cabang Khaththil Qur’an dan Syarhil Qur’an. Tapi ternyata untuk Syarhil Qur’an targetnya meleset, justru dapat gelar dari Hifzhil Qur’an 5 juz. Semoga di ajang MTQ-M selanjutnya, kafilah Universitas Jember bakal lebih mampu berprestasi,” ujar Abdul Majid, pembina Kafilah Universitas Jember yang membawa 24 mahasiswa di ajang kali ini.
Dirinya berjanji akan lebih aktif mencari bakat-bakat baru di kalangan mahasiswa sejak awal, agar pembinaannya bisa lebih intensif dan berkelanjutan.” Pembinaan yang intensif dan berkelanjutan ternyata memang menjadi kunci keberhasilan dalam ajang MTQ-M,” tandasnya.
Sementara, Syamsul Hadi, Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan UM menyampaikan resepnya hingga kampusnya dapat mendominasi gelaran MTQ-M Regional Jatim V. “Kami di UM rutin menyelenggarakan kegiatan MTQ-M tingkat universitas bahkan di tingkat fakultas, kami juga membina UKM Klub Studi Al Qur’an, sehingga tidak pernah kehabisan calon peserta MTQ-M,” tutur Syamsul Hadi yang juga Guru Besar Teknik UM kemarin.
Sementara itu, Wachju Subchan Wakil Raktor II Unej saat menutup MTQ-M, menyatakan rasa bangganya mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah MTQ-M Regional Jawa Timur V. Apalagi jumlah peserta tergolong banyak, dengan 789 peserta yang berasal dari 73 kafilah utusan dari Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam negeri, dan perguruan Tinggi Keagamaan Swasta.
“Semoga ajang MTQ-M Regional Jawa Timur V di Kampus Tegalboto benar-benar menjadi sarana memperkuat tali silaturahmi diantara mahasiswa di Jawa Timur. Sehingga usaha kita untuk membumikan Al Quran, meningkatkan spiritualitas dan intelektualitas dalam menggapai Islam rahmatallilalamin, benar-benar dapat terwujud,” jelas Wachju Subchan. [efi]

Tags: