Siswa SDI Al-Abror Diajak Teladani Nabi Ibrahim

Kasek SD Islam Al-Abror Situbondo Fita Ariyani MPd, saat memberikan arahan kepada ratusan siswa kelas 1 sampai kelas 6 sebelum penyembelihan hewan kurban, Kamis (23/6). [sawawi]

Situbondo, Bhirawa
Ratusan siswa SD Islam Al-Abror Situbondo berkumpul di aula sekolah yang terletak di komplkes masjid Agung alun-alun Kota Situbondo, Kamis pagi (2/8). Para siswa penerus bangsa ini tampak serius mendengarkan arahan Kepala Sekolah (Kasek) SD Islam Al-Abror, Fita Ariyani MPd yang diteruskan oleh penceramah agama Habib Muhammad Al Muhdar. Ratusan siswa diajak sekolah untuk meneladani ajaran Nabi Ibrahim sejak dini agar kelak menjadi ummat yang gemar beramal dengan berkurban hewan.
Menurut Kasek SD Islam Al-Abror, Fita Ariyani, pembelajaran tentang ajaran Nabi Ibrahim dinilai sangat penting karena sejak dini para siswa bisa meniru amalan keagamaan yang berbarengan dengan perayaan idhul adha 1439 H. Dengan menanamkan sikap religius seperti ini, kata mantan pengawas UPTD Pendidikan Kecamatan Mangaran itu, kedepan para siswa SD Islam Ab-Abror akan terbentuk menjadi manusia yang bertaqwa dan memiliki akhlak mulia. “Saya setiap tahun selalu rutin mengajarkan ajaran ini kepada seluruh siswa agar mereka benar benar menjadi siswa yang religius sekaligus pintar dan cerdas,” ucap Fita.
Khusus perayaan idhul adha tahun 2018 ini, ungkap Fita Ariyani, SD Islam Al-Abror Situbondo mampu menyembelih hewan kurban berupa 1 ekor sapi dan ekor kambing. Daging-daging kurban tersebut, kata Fita, selanjutnya aka dibagikan kepada siswa yang tak mampu dan warga fakir miskin yang ada di sekitar sekolah. Sementara itu, penceramah agama Habib Muhammad Al-Muhdar, sangat mendukung kegiatan penyembelihan hewan kurban yang rutin diadakan SDI Al-Abror setiap setahun sekali.
“Ini (berkurban) yang digagas SDI Al-Abror patut ditiru. Karena dengan rajin menabung yang dikumpulkan para siswa bisa berkurban 1 ekor sapi dan ekor kambing,” papar Habib Muhammad Al-Muhdar. [awi]

Tags: