Sepuluh Bacaleg Kota Batu Tercoret

Kota Batu, Bhirawa
KPU Kota Batu resmi mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Dalam pengumuman tersebut, ada 10 bacaleg (bakal calon legislatif) yang tercoret dari DCS yang diumumkan.
Diketahui, ada sebanyak 324 orang bacaleg yang mendaftarkan diri ke KPU Batu. Namun dalam DCS yang diumumkan hanya ada 314 orang yang mengisi daftar calon sementara.
“Benar ada 314 bacaleg penuhi syarat. Sedangkan partainya 14 dari 15 pendaftar, Garuda (tercoret) karena tidak menyerahkan dokumen perbaikan,” kata Ketua KPU Kota Batu, Rochani, Senin (13/8).
Rochani menambahkan, 10 Bacaleg tercoret karena ybs tidak memenuhi syarat (TMS). Mayoritas akibat tidak melengkapi dokumen syarat calon hingga masa perbaikan berakhir. Misalnya, surat keterangan sehat jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkoba, surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana dari pengadilan negeri, tidak menyerahkan pas foto (softcopy maupun hardcopy), dan tidak menyerahkan salinan ijazah yang dilegalisir.
Adapun dari beberapa partai TMS, paling banyak yakni Bacaleg dari Partai Bulan Bintang (PBB) sebanyak 4 orang. “Adapun untuk partai kontestan, dari total 15 partai pendaftar ada 1 partai yang tercoret. Yaitu, Partai Garuda (Gerakan Perubahan Indonesia),”tambah Rochani.
Saat ini atau tepatnya 12- 21 Agustus 2018, KPU Batu memberi kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan dan tanggapan terhadap DCS bacaleg yang telah diumumkan. Dalam memberikan masukan dan tanggapan, masyarakat diharuskan menyertakan identitas diri yang masih berlaku kepada KPU Kota Batu.
Tahapan selanjutnya, KPU Kota Batu meminta klarifikasi pada Partai Politik peserta Pemilu 2019. Permintaan klarifikasi kepada partai politik atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS dijadwalkan satu minggu, mulai 22 sampai 28 Agustus 2018.
“Partai politik diberi waktu tiga hari, 29 sampai 31 Agustus 2018 untuk menyampaikan klarifikasi kepada KPU Kota Batu secara tertulis,”pungkas Rochani.(nas)

Rate this article!
Tags: