Ribuan Warga Kota Batu Pecahkan Rekor Dunia Senam Poco-poco

Ribuan warga bersama pejabat Pemkot Batu saat bersenam massal di halaman Balaikota Batu dalam pemecahan Rekor Dunia Senam Massal Poco-Poco Nusantara 2018.

Batu, Bhirawa
Ribuan warga Kota Batu berkumpul di halaman Balai Kota Among Tani, Minggu (5/8). Mereka tidak melakukan aksi unjuk rasa, melainkan ikut serta dalam pemecahan Rekor Dunia Senam Massal Poco-Poco Nusantara 2018. Acara ini sengaja digelar dalam menyambut Asian Games 2018, di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Dan warga Kota Batu ikut berpartisipasi dalam pemecahan rekor dunia ini yang dilakukan serentak dan berpusat di Jakarta.
Diperkirakan jumlah peserta yang akan ikut pemecahan rekor senam poco poco sebanyak 4000 peserta. Mereka terdiri dari ASN, Guru dan Masyarakat. Ikut pula dalam senam massal tersebut Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Ketua Tim Penggerak PKK Wibi Asri Punjul Santoso, Pj Sekda Kota Batu Edy Murtono, para Kepala OPD beserta ASN di lingkungan Pemkot Batu.
“Program ini merupakan program Kemendikbud, hanya beberapa daerah yang dipilih untuk tempat pemecahan rekor, dan salah satunya adalah Kota Batu,” ujar Kepala Seksi Olahraga Rekreasi, Dinas Pendidikan Kota Batu, Ahmad Khusni selaku Ketua Panitia, Minggu (5/8).
Untuk mensukseskan pemecahan rekor poco-poco ini, Sekda Kota Batu, Eddy Murtono SH MH, meminta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengerahkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berpartisipasi. Hal ini dipertegas dengan dikeluarkannya surat oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batu untuk para ASN.
Berdasarkan surat sekda tersebut, dijelaskan bahwa Pemkot Batu akan ikut serta dalam Pemecahan Rekor Dunia, Senam Poco Poco Nusantara tahun 2018. “Harus hadir tepat waktu dan absen akan diserahkan pada BKPSDM,” begitu bunyi surat tersebut. Artinya, absen akan menjadi acuan kedisiplinan ASN yang akan diperiksa oleh BKPSDM (Badan Kepegawaian Daerah Sumberdaya Manusia-red) Kota Batu.
“Selain ASN juga banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam pemecahan rekor senam poco- poco ini sehingga acara berjalan sukses dan masyarakat Kota Batu juga sehat,” tambah Khusni.
Selain Kota Batu, beberapa Daerah lain yang juga ditunjuk untuk menggelar kegiatan serupa. Yaitu, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kota Kediri, Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pacitan. [nas]

Tags: