Ribuan UKM di Sidoarjo Beri Kontribusi Pertumbuhan Ekonomi

Bupati Saiful Ilah bersama pegawai Diskop dan UM Kab Sidoarjo serta pelaku Usaha Mikro (UM) di Sidoarjo. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kab Sidoarjo, Drs M Tjarda MM, mengatakan untuk mempertahankan predikat sebagai Kota UKM di Indonesia, pihaknya terus mengupayakan untuk mengikutkan para UKM di Kab Sidoarjo dalam Pameran Koperasi dan UMKM berskala Nasional di Grand City Mall Surabaya.
”Itu salah satunya, yang lain adalah kita terus memotivasi munculnya wirausaha baru di Sidoarjo, tahun 2018 ini kita target bisa muncul seribu wirausaha baru,” komentar Tjarda, saat dihubungi Minggu (19/8) kemarin.
Dalam acara yang digelar mulai 15 Agustus sampai 19 Agustus kemarin, kata Tjarda, telah dibuka Gubernur Jatim, DR H Soekarwo. Dengan mengikutkan para UKM di Sidoarjo, diupayakan bisa mengangkat potensi produk unggulan yang dihasilkan oleh UKM di Kab Sidoarjo selama ini. Dalam pameran itu, Kab Sidoarjo menghadirkan sebelas sentra UKM diantaranya kerajinan batik, kulit dan krupuk serta menampilkan 24 stan milik UKM yang tergolong aktif dalam binaan Dinas Koperasi dan UM Kab Sidoarjo.
Dalam kesempatan itu, Bupati Saiful Ilah, kata Tjarda sempat menyampaikan kalau pertumbuhan ekonomi di Kab Sidoarjo saat ini sudah mencapai angka 7,13% diatas rata-rata Nasional. Kab Sidoarjo pernah menjadi juara umum Investment Award dari total 38 kabupaten se-Jatim yang penghargaannya diberikan oleh Gubernur Jatim, Soekarwo.
”Tapi beliau juga mengakui tahun 2006 lalu, Kab Sidoarjo sempat mengalami keterpurukan ekonomi akibat bencana lumpur,” katanya.
Saat itu di Kab Sidoarjo banyak perusahaan yang mengalami kebangkrutan bahkan sampai ada yang gulung tikar. Namun pada 2010 lalu, Kab Sidoarjo bangkit dan pertumbuhan ekonominya semakin baik. Bupati Saiful Ilah berharap semoga keberadaan UKM di Kab Sidoarjo terus dapat memberi kontribusi pada pertumbuhan ekonomi di Sidoarjo.
Apalagi saat ini produk-produk unggulan dari sentra UKM di Sidoarjo, sudah ada yang mencapai penjualan di luar negeri. Tjarda menirukan perkataan bupati, kalau itu menandakan bahwa kondisi perekonomian Kab Sidoarjo telah banyak mengalami perkembangan positif pasca luapan lumpur Sidoarjo. [kus]

Tags: