Putus Rantai Kawanan Begal, Pelaku Langsung Tembak Ditempat

Wakapolres Pasuruan, Kompol Pratolo Setiawan menunjukkan sebilah celurit yang digunakan kawanan begal menjalankan aksi kejahatannya di Kota Pasuruan, Senin (27/8).

Pasuruan, Bhirawa
Jajaran Polres Pasuruan Kota akan menumpaskan jaringan begal di wilayahnya. Apabila kedapatan ada aksi kejahatan yang mengancam keselamatan warga, langsung tembak di tempat.
“Untuk ancaman begal motor, kami tak main-main. Kami juga akan menembak ditempat. Ini demi memutus rantai begal di Pasuruan,” ujar Wakapolres Pasuruan Kota, Kompol Pratolo Setiawan.
Itu diketahui, setelah pihaknya menembak pelaku begal Muhammad Fathan (25) yang melakukan aksi kejahatannya membegal dua wanita pengendara motor di Jl Pahlawan Kota Pasuruan sepekan kemarin.
Saat itu kondisi jalanan di sekitar Taman Kota Pasuruan tersebut ramai, Fathan dan seorang temannya, tetap nekat mengancam dua pengendara dengan celurit.
Lantaran ketakutan dengan ancaman senjata tajam, kedua wanita itu menyerahkan motornya kepada pelaku. Selanjutnya kedua wanita itu melaporkan kejadian tersebut ke polisi setempat.
“Pelaku membahayakan keselamatan warga dan juga petugas. Karena kemana-mana selalu membawa senjata tajam. Makanya pelaku ditembak secara terukur, dilumpuhkan semalam,” tambahnya.
Dalam hal ini, ia akan terus melakukan penyuluhan kepada masyarakat agar selalu waspada.
“Penyuluhan dan pendampingan kepada warga terus dilakukan. Kami meminta warga untuk meningkatkan penjagaan di sekitar lingkungannya. Misalnya kembali menggalakkan kembali poskamling. Tidak ketinggalan, patroli petugas bersenjata laras panjang juga terus dilakukan,” kata Kasubag Humas Polres Pasuruan Kota, AKP Endi Purnomo. [hil]

Tags: