PT HM Sampoerna Gelar Wisata Sejarah untuk Tumbuhkan Kreativitas

Surabaya, Bhirawa
PT HM Sampoerna menyelenggarakan tour Surabaya Heritage Track (SHT). Diyah Dwi Kurniasari Humas House of Sampoerna Taman Sampoerna 6, Surabaya, Rabu (15/8) kemarin, menjelaskan, dalam kegiatan bertemakan ‘Surabaya Kota Industri’ yang diadakan selama tanggal 14 Agustus – 13 September 2018, trackers akan diajak untuk menyaksikan kekuatan industri Surabaya di masa lalu dengan berkunjung ke PT Boma Bisma Indra, serta menyaksikan berkembangnya industri kebutuhan konsumsi yang tercermin pada perjalanan bisnis PT HM Sampoerna dengan berkunjung ke Museum House of Sampoerna.
Tour tematik SHT diselenggarakan pada periode-periode tertentu guna memperkenalkan sejarah kota Surabaya serta berbagai bangunan dan kawasan yang memiliki nilai sejarah tinggi. Tour SHT dapat dinikmati oleh wisatawan secara cuma-cuma. Melalui berbagai tur SHT, trackers tak hanya dapat menikmati berbagai bangunan cagar budaya, namun juga mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru.
Dijelaskan Diyah, Pemerintah Belanda mendirikan tiga perusahaan yaitu NV – De Bromo, NV – De Industrie dan NV – De Vulkan, yang merupakan pelopor produsen mesin-mesin berat untuk pabrik-pabrik gula di Jawa. Ketiganya dinasionalisasi pada tahun 1958 dan dirubah namanya menjadi PN Boma, PN Indra, PN Bisma.
Pada tahun 1971 tiga perusahaan tersebut bergabung menjadi PT Boma Bisma Indra (BBI) yang hingga kini masih berfokus pada pengolahan baja untuk kebutuhan industri. “Selain mengeksplorasi bangunan kuno PT BBI yang berdiri kokoh sejak 1878, trackers juga dapat menyaksikan aktivitas beserta hasil produksi PT BBI saat ini,” jelas dia. [ma]

Tags: