Plengsengan Jembul – Ngembat Tuntas Jelang Penutupan TMMD

Plengsengan Jembul – Ngembat Tuntas Jelang Penutupan TMMD

Kab Mojokerto, Bhirawa
Menjelang penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-102 Kodim 0815 Mojokerto, personel yang tergabung dalam Satgas TMMD di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, terus berbenah untuk menuntaskan pekerjaan yang belum selesai.
Diantaranya sasaran fisik pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) Jalan Tembus Dusun/Desa Jembul Kecamatan Jatirejo dan Dusun Blentreng Desa Ngembat Kecamatan Gondang yang sudah terhubung sejak bulan lalu (Juli, -red).
Danramil 0815/13 Kutorejo Kapten Inf Desto Jumeno selaku Komandan SSK Satgas TMMD Ke-102 Kodim 0815 Mojokerto, saat di lokasi kegiatan mengatakan, pembuatan Tembok Penahan Tanah (TPT) atau yang dikenal dengan sebutan plengsengan, dikerjakan sejak jalan tembus di kedua desa ini terhubung, tepatnya Kamis (25/07) bulan lalu.
Pembangunan TPT atau plengsengan jalan ada di dua lokasi, yang pertama di ujung Desa Jembul sepanjang 60 meter dengan tinggi 1,5 meter. Sementara di ujung Dusun Blentreng Desa Ngembat dengan panjang 30 meter dan tinggi 4 meter.
Tujuan dibangunnya TPT ini untuk mencegah terjadinya longsor, mengingat di kedua ujung jalan ini merupakan daerah ketinggian dekat pemukiman warga dan yang terdapat jurang di tepi jalan. Terlebih di ujung jalan Dusun Blentreng Desa Ngembat yang pemukimannya agak padat, jelas Komandan SSK TMMD saat memimpin langsung pengerjaan plengsengan di kedua titik tersebut.
“Pekerjaan hari ini tadi, tinggal menghaluskan di beberapa bagian plengsengan sekaligus membersihkan material yang tersisa. “Selain untuk keamanan dan kenyamanan para pengguna jalan yang melintasi route tersebut, juga agar lebih sedap bila dipandang,” pungkas Komandan SSK. [kar]

Tags: