Pemerintah Kota Blitar Gelar Pawai Kebangsaan Peringatan HUT RI Ke-73

Wakil Wali Kota Blitar, Drs. Santoso, MPd saat memberangkatkan Pawai Kebangsaan Tahun 2018, Sabtu (25/8) kemarin.[Hartono/Bhirawa]

Pemkot Blitar, Bhirawa
Memeriahkan dan memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar kembali menggelar Pawai Kebangsaan Kota Blitar tahun 2018, Sabtu (25/8) kemarin.
Bahkan untuk menghindari kemacetan serta lamanya pelaksanaan Pawai Kebangsaan ini dimulai lebih awal pada pukul 12.30 WIB yang di berangkatkan langsung oleh Wakil Wali Kota Blitar, Drs. Santoso, MPd dengan start di depan Balai Kota Jalan Merdeka Kota Blitar dan Finish di depan Rumah Dinas Wali Kota Blitar jalan Sudanco Supriadi.
Wakil Wali Kota Blitar, Drs. Santoso, menjelaskan tujuan diselenggarakannya kegiatan Pawai Kebangsaan Kota Blitar tahun 2018 ini sebagai wujud rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat kemerdekaan yang masih dapat dirasakan bersama, menggelorakan kembali nilai-nilai Nasionalisme, Patriotisme, Religius dan Wawasan Kebangsaan serta menteladani semangat perjuangan para pahlawan kusuma Bangsa dengan tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa”.
“Kami berharap masyarakat Kota Blitar mampu mengisi kemerdekaan dengan kerja, kerja, dan kerja yang dilandasi semangat one for all – all for one,” kata Drs. Santoso.
Lanjut Santoso, pada pelaksanaan Pawai Kebangsaan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari unsur Pendidikan,Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Instansi Vertikal, BMUD/BUMN, Kecamatan dan Kelurahan, serta unsur masyarakat, dimana pelaksanaan Pawai Budaya tahun ini dikemas berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana peserta dari masyarakat umum dan kelurahan berada dibarisan depan. Sedangkan instansi Pendidikan, OPD, instansi vertikal, dan instansi swasta menyusul dibelakangnya.
“Mulai tahun kemarin kebanyakan peserta menggunakan kendaraan yang dihias sedemikian rupa yang memberikan daya tarik serta hiburan bagi masyarakat Kota Blitar, dan pelaksaaan dimulai lebih awal usai sholat Dhuhur,” jelasnya.
Selain itu dikatakan Wawali Santoso Pawai di Kota Blitar dinamakan Pawai Kebangsaan Kota Blitar tahun 2018 karena pada pawai ini menggambarkan perjalanan panjang Bangsa Indonesia, mulai dari merebut, mempertahankan, sampai mengisi kemerdekaan, dimana seperti dipesankan Bung Karno kemerdekaan adalah jembatan emas untuk mewujudkan cita-cita Bangsa dan Negara ini.
“Patut kita syukuri Kemerdekaan ini dengan pembangunan di segala bidang, kami berharap masyarakat Kota Blitar akan lebih baik lagi kesejahteraanya dengan hasil pembangunan yang selama ini telah dilaksanakan di berbagai bidang,” ujarnya.
Pihaknya juga berharap masyarakat Kota Blitar mampu mengisi Kemerdekaan dengan kerja, kerja, dan kerja yang dilandasi semangat one for all – all for one. Karena pihaknya juga percaya masyarakat Kota Blitar adalah masyarakat yang rajin bekerja, produktif, mau bekerjasama, masyarakat yang kreatif sekaligus bijaksana dalam menyikapi perbedaan, menjunjung tinggi toleransi, dan dapat membangun semangat keagamaan dan nasionalisme.
“Kota Blitar makin hari makin banyak prestasi, pembangunan baik fisik maupun non fisik juga terus berkembang, dimana ini juga sebagai wujud terima kasih kita kepada para pahlawan sekaligus terima kasih kepada bangsa dan negara, ini sebagai salah satu bentuk perjuangan saat ini yang bias kita lakukan,” pungkasnya. [htn.adv] 

Tags: